(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mau Olahrga Tapi Susah Bangun Pagi? Ini 5 Tipsnya

Muchdi
Muchdi

Mau Olahrga Tapi Susah Bangun Pagi? Ini 5 Tipsnya ilustrasi olahraga (thinkstock)

WinNetNews.com - Siapa yang mau olahraga pagi tapi gagal mulu nih? Coba colek teman atau pasangan kamu yang bikin rencana ini jadi tinggal wacana. Eh tapi coba deh bagikan tips berikut untuk membiasakan diri olahraga setiap pagi biar harimu lebih semangat.

Sebelumnya, spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, menjelaskan bila dilihat dari sisi rekreasi ataupun dari sisi prestasi tentunya olahraga jam berapa pun akan sama baiknya dan tidak ada yang berbeda. Yang jelas, waktu latihan harus terpenuhi atau waktu yang dimiliki harus terpenuhi. Tapi ada yang bikin pagi jadi momen yang tepat.

dr Michael mengatakan, yang membedakan jam 7 hingga jam 10 pagi dengan waktu-waktu yang lain adalah sinar matahari yang diharapkan dapat mengubah pro vitamin D di kulit menjadi vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Aaptiv, Selasa (11/9/2018), berikut ini tips buat kamu supaya bisa terbiasa olahraga pagi.

1. Jangan pernah tekan tombol 'snooze'

Langkah awal untuk memulai kebiasaan olahraga pagi tentunya dengan menetapkan nih jam berapa kamu harus bangun. Alarm pun jadi bala bantuan yang bisa kamu gunakan.

Kalau memang niat untuk bangun pagi dan berolahraga, 'snooze' adalah tombol terlarang yang kamu gunakan. Nah tips yang bisa kamu lakukan adalah letakan handphone atau alarm sedikit jauh dari jangkauan tangan misalnya di meja dekat jendela.

2. Ajak orang yang mau olahraga bareng

Yakin deh, enggak cuma kamu satu-satunya orang yang kepengin bangun pagi dan olahraga. Coba utarakan ide ini kepada teman-temanmu atau pasanganmu, siapa tahu mereka juga mau ikutan.

Olahraga pagi bersama teman bukan cuma jadi lebih seru, tapi juga menyajikan dorongan motivasi tambahan untuk keluar dari tempat tidur, Bobby Hoffman, PhD, profesor psikologi dan penulis 'Hack Your Motivation: Over 50 Science-based Strategies to Improve Performance'.

Dan lebih keren lagi kalau kamu tergabung dengan komunitas lari, kamu bisa jadi lebih semangat nih karena punya teman-teman baru. Buat yang jomblo juga bisa jadi ajang cari pasangan.

3. Siapkan sarapan

Coba tentukan apa yang akan kamu makan dan siapkan malam sebelumnya. Dengan begini, kamu juga enggak perlu kepikiran dengan beban tambahan untuk bangun pagi. Oh iya, makanan yang kamu siapkan untuk sarapan juga bergantung dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Jadi pikirkan matang-matang.

Kalau kamu milih latihan HIIT (High Intensity Interval Training) atau latihan lari cepat, kamu mungkin butuh makanan ringan seperti sepotong roti panggang dengan selai kacang.

4. Berikan tubuhmu apresiasi dong

'Self-consequation' adalah istilah untuk hadiah atau hukuman yang dijatuhkan sendiri, kata Hoffman, dan kamu dapat menerapkan konsep tersebut pada keinginanmu untuk olahraga pagi.

Tetapkan tujuan untuk diri sendiri, dan putuskan apa konsekuensi atau imbalannya jika kamu berhasil atau gagal dalam melakukannya.

Misalnya, jika kamu tidak pergi ke gym setidaknya tiga kali dalam seminggu, gunakan tekadmu untuk pergi ke sana. Bila tidak terlaksana, maka ada hukuman seperti melewatkan pencuci mulut pada Sabtu malam.

Ini juga berlaku jika kamu berhasil menjalankan rencana untuk olahraga 3 kali setiap pagi, maka berikan hadiah contohnya sepatu lari baru agar membuat kamu lebih bersemangat saat berlatih dan tentunya makin pede.

5. Serius, ikutan lomba deh

Biar lebih asik, sesekali tantang dirimu untuk menjalankan rutinitas hidup sehat. Daftar perlombaan 5K atau 10K, cetak pendaftaran, dan tempelkan di cermin, saran Dave Burgess, pelatih triathlon dan mantan competitive triathlete.

"Sulit untuk bangun dan melakukan sesuatu ketika kamu bertanya-tanya 'buat apa?' Tetapi itu bisa jauh lebih mudah jika kamu terdaftar (dan bayar lagi!) untuk perlombaan untuk bangkit serta keluar dari pintu depan," katanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});