Mau Ponsel Tetap Prima? Rutinlah Bersihkan Data Digital Smartphone

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Mau Ponsel Tetap Prima? Rutinlah Bersihkan Data Digital Smartphone Membersihkan data digital smartphone secara rutin (Foto: mediaakademi.org)

Winnetnews.com - Banyak pengguna ponsel pintar atau smartphone yang tidak peduli dengan perangkatnya. Padahal membersihkan data digital smartphone sangat perlu dilakukan untuk menjaga kondisinya agar tetap prima.

Dilansir laman Popular Mechanics baru-baru ini, menghapus aplikasi atau file lama bisa membantu menjaga kondisi perangkat. Namun, harus diakui menghapus adalah langkah yang membosankan.

Jika Anda termasuk penggemar gaya hidup minimalis, Anda akan sangat terbantu dengan sistem cloud modern. Menggunakan fitur digital ini bisa menghemat penggunaan memori telpon Anda. Karena jika menyimpan data seperti foto, video, atau bahkan kontak telepon, Anda tinggal menyalinnya dan tersimpan di pusat data. Tentu saja selama Anda memiliki kata sandi, dan iCloud atau Google Photo, data Anda akan tersimpan dengan aman.

Selama ini, Anda pasti berpikir bahwa manfaat kinerja dari tempat ‘penyimpanan awan’ ini mungkin tidak jelas. Anda merasa jika ponsel Anda baik-baik saja, mengapa harus repot-repot? Namun, jika smartphone Anda bersih, ini akan membantu Anda membedakan apa yang berguna dan yang tidak perlu di dalam ponsel Anda.

Misalnya mulai dari mematikan semua notifikasi aplikasi. Setidaknya coba untuk meninggalkan media sosial selama sepekan. Fokuslah pada hal-hal yang sangat berguna, saat ini.

Orang-orang yang memiliki smartphone, bukannya menjadi alat komunikasi, ponsel terkadang justru menghalangi seseorang untuk besosialisasi, tersebab terlalu fokus pada ponselnya. Sehingga muncul ungkapan, teknologi mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Cobalah ubah pola pikir Anda, dan menjadikat perangkat itu kembali menjadi hanya sebuah ‘alat’.

Kemudian Anda bisa secara rutin mengatur ulang smartphone Anda, bisa sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Caranya mudah, simpan cadangan baru dan lengkap perangkat Anda ke iCloud, akun Google Anda, di mana pun.

Jika memungkinkan, buka komputer, atau perangkat sekunder apa pun yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun email. Ini agar Anda dapat menanggapi permintaan keamanan atau email dari Apple atau Google dan berkata, "Ya, itu aku," ketika Anda masuk kembali ke semuanya.

Kemudian catat aplikasi yang tidak bisa berfungsi tanpa akun Google atau Apple. Misalnya seperti Fantastical, Slack, dan Outlook. Lalu, tulis kata sandi untuk keanggotaan paling vital Anda.

Setelah itu, coba me-reset ponsel, dengan cara kunjungi Pengaturan, pilih Umum, lalu Atur Ulang atau Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Lewati pertanyaan tentang apakah Anda ingin mengembalikannya dari cadangan, dan pilih untuk mengaturnya sebagai yang baru. Tambahkan aplikasi hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

 

Apa Reaksi Kamu?