Image Mau Rem Tromol Lebih Pakem? Ini Caranya
Tip Sehat   Motor  

Mau Rem Tromol Lebih Pakem? Ini Caranya

Minggu, 13 November 2016 13:22 WIB

WinNetNews.com - Sistim pengereman pada kendaraan bermotor saat ini lebih didominasi oleh rem cakram. Selain lebih menggigit, rem cakram juga dinilai lebih menjanjikan keselamatan.

Pada kenyataannya, peredaran kendaraan yang masih menggunakan rem tromol juga masih tinggi. Dibanding rem cakram, perawatan dan penggantian komponen rem tromol juga lebih sederhana dan harganya relatif terjangkau.

dikutip dari mustangandfords, Minggu (13/11/2016), berikut ini adalah tips membuat rem tromol lebih pakem:

- Bersihkan rem tromol

Dalam beberapa kasus, rem tromol mengalami penurunan daya cengkram karena banyaknya kotoran di sekitar kampas rem.

Untuk mengatasi hal ini dapat dengan melepaskan tromol dari dudukannya dan melepas kampas rem. Setelah itu kampas rem dan tromol bisa dibersihkan dengan udara bertekanan tinggi atau compresor. Selain itu juga bisa dibersihkan dengan lap bersih.

- Rendam dan jemur kampas rem

Cara kedua untuk membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan merendam kampas rem. Caranya sama seperti yang pertama, lepaskan kampas rem kemudian rendam dalam air bersih hingga meresap. Baru kemudian kampas rem bisa dijemur dan dipasang kembali.

- Gunakan sabun colek

Cara berikutnya untuk membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan menggunakan sabun colek. Namun dengan menggunakan sabun colek, rem tromol dan kampas rem tak perlu dikeluarkan dari dudukannya. Hanya perlu mengoleskan sabun colek disekitar rem tromol dan sabun colek, dan kemudian mencoba untuk mengeremnya beberapa kali.

Profil R.A. Kartini, Sang Pejuang Emansipasi Wanita
Pendiri Presidium Alumni 212 Sebut Anie Licik dan Oportunis

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun