Mau Tahu? Ini Khasiat 6 Hewan Menggelikan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan
ilustrasi

Mau Tahu? Ini Khasiat 6 Hewan Menggelikan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sabtu, 14 Apr 2018 | 14:11 | Muchdi

WinNetNews.com - Setiap orang ingin sembuh dalam waktu singkat. Mereka akan melakukan berbagai cara, termasuk melalui pengobatan herbal. Bahannya yang mudah ditemukan dan murah, membuat masyarakat beralih menggunakan pengobatan tradisional, terkadang dibarengi dengan obat yang diresepkan dari dokter.

Obat-obatan tradisional bukan hanya dari tumbuhan maupun yang berbentuk jamu, tetapi juga dari hewan-hewan yang dikenal menggelikan. Seperti dikutip dari situs Merdeka dari beberapa sumber, ditulis Sabtu (14/4/2018), berikut khasiat hewan-hewan menggelikan ini bagi pengobatan:

1. Tokek

image0

Tokek dipercaya dapat mengobati asma, penyakit kulit dan menambah stamina. Bahkan menurut penelitian, daging tokek juga dapat menambah kekebalan tubuh yang juga membantu menghancurkan sel-sel tumor maupun kanker.

Biasanya daging binatang ini dikemas dalam bentuk pil, atau digoreng. Bahkan karena khasiatnya yang sangat penting, harga tokek dijual sampai miliaran.

2. Katak

image1

Katak atau kodok masih jarang digunakan sebagai obat dan lebih sering diolah sebagai bahan makanan. Tapi peneliti menemukan bahwa kulit katak bisa menjadi obat untuk 70 penyakit utama termasuk kanker.

Para ilmuwan dari Queens University Belfast berhasil memenangkan penghargaan atas studinya tentang kulit katak yang bisa menjadi obat untuk 70 penyakit utama. Para peneliti tersebut mendapatkan pujian sebagai Medical Futures Innovation Awards di London pada Senin 6 Juni 2011.

3. Tarantula

image2

Protein yang ada pada bisa tarantula spesies Chilian rose berpotensi untuk mengatasi penyakit distrofi otot. Pada penderita penyakit ini, Serabut ototnya mengalami kerusakan sehingga fungsi ototnya terganggu dan melemah secara progresif. Namun secara spesifik, protein dari tarantula ini akan membantu memperlambat proses pelemahan sel-sel ototnya.

Manfaat bisa tarantula ini ditemukan ilmuwan asal University of Buffalo, Frederick Sachs, PhD. Meskipun pengobatan dengan bisa ini belum diujicobakan pada manusia, protein ini telah berhasil membantu tikus yang mengalami distrofi otot memperoleh kekuatannya kembali pada percobaan awal.

4. Cacing tanah

image3

Sebagian orang mungkin menganggap cacing adalah hewan yang menjijikkan, dan tidak banyak memberi manfaat kepada kita kecuali bagi para petani yang merasa terbantu dalam proses menjaga kualitas tanah perkebunannya.

Namun ternyata cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi. Beberapa khasiat cacing di antaranya adalah untuk obat typus, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati infeksi saluran pernapasan dan menurunkan kadar gula adalam darah.

5. Belatung

image4

Peneliti dari University of Hawaii, Honolulu pun menemukan cara untuk menyembuhkan luka akibat diabetes dengan menggunakan belatung.

Pertama, dokter akan mengangkat jaringan yang terinfeksi atau mati dengan pisau bedah atau enzim (debridement), lalu 50-100 belatung spesies Lucilia sericata ditempelkan pada luka pasien dan dibiarkan selama dua hari.

Prosedur ini diulangi hingga rata-rata lima kali. Belatung ini mengeluarkan suatu zat ke dalam luka yang mencairkan jaringan mati kemudian menelannya.

6. Undur-undur

image5

Banyak yang belum tahu khasiat dari serangga ini. Menurut penelitian yang dilakukan beberapa ahli di Indonesia, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa Sulfonylurea.

Zat sulfonylurea bermanfaat untuk melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan.

Selain itu, undur-undur juga berkhasiat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes, hipertensi, asma, asam urat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...