Mau Tahu Kenapa Jalan Kaki Saat Pagi Hari Menyehatkan? Ini 5 Alasannya

Muchdi
Muchdi

Mau Tahu Kenapa Jalan Kaki Saat Pagi Hari Menyehatkan?  Ini 5 Alasannya ilustrasi jalan kaki ( Photo istimewa )
Winnetnews.com -  Berjalan kaki di pagi hari bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatanmu, loh. Kelihatannya sih malas ya untuk jalan kaki, tapi coba aja dulu dengan berjalan kaki ke sekitaran rumahmu atau benar-benar berkomitmen untuk pergi ke warung dekat rumah tanpa perlu naik motor atau mobil.

Dikutip dari situs detikHealth  dari laman Health Line,dikutip Minggu (21/4/2019), berikut ini adalah lima alasan untuk jalan kaki di pagi yang cerah ini.

1. Jadi lebih semangat

Berjalan kaki saat kamu merasa suntuk bisa jadi lebih efektif dari secangkir kopi untuk meningkatkann energi. Berjalan meningkatkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga bisa menambah level kortisol, epinephrine, dan norepinephrine yang merupakan hormon yang membantu meningkatkan kadar energi.

2. Mood lebih oke

Minggu sebagai hari libur seharusnya bisa bikin kamu senang. Untuk memulainya, jalan kaki. Jalan kaki membantu kesehatan mental, berdasarkan studi ini membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan mood negatif seseorang. Bahkan ini bisa menambah harga diri dan mengurangi gejala penarikan sosial.

Untuk merasakan manfaat ini, usahakan jalan cepat 30 menit atau olahraga intensitas sedang lainnya tiga hari seminggu. Kamu juga dapat memecahnya menjadi tiga jalan kaki 10 menit.

3. Panjang umurnya

Berjalan dengan langkah lebih cepat bisa memperpanjang hidup. Para peneliti menemukan bahwa berjalan dengan kecepatan rata-rata dibandingkan dengan kecepatan lambat menghasilkan 20 persen penurunan risiko kematian secara keseluruhan.

Tetapi berjalan dengan langkah cepat atau cepat (setidaknya 4 mil atau 6,4 km per jam) mengurangi risiko sebesar 24 persen. Studi ini mengamati hubungan berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat dengan faktor-faktor seperti keseluruhan penyebab kematian, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

4. Membentuk otot kaki

Berjalan bisa menguatkan otot-otot kaki. Untuk membangun lebih banyak kekuatan, berjalanlah di area berbukit atau di atas treadmill dengan tanjakan. Bisa juga dengan membiasakan diri naik tangga.

Manfaat ini bisa lebih terasa dengan latihan lainnya seperti bersepeda atau jogging. Bisa juga melakukan latihan ketahanan seperti squat dan lunges untuk memperdalam dan memperkuat otot-otot kaki.

5. Bakar kalori

Berjalan dapat membantu kamu membakar kalori. Meskipun begitu, pembakaran kalori ini sebenarnya juga tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

- kecepatan berjalan

- jarak yang ditempuh

- medan (kamu akan membakar lebih banyak kalori saat berjalan menanjak daripada membakar di permukaan yang rata)

- berat badan

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?