Mau Tahu Kenapa Ketiak Menghitam? Ini 4 Penyebabnya
ilustrasi (Foto- iStock)

Mau Tahu Kenapa Ketiak Menghitam? Ini 4 Penyebabnya

Minggu, 26 Agt 2018 | 11:28 | Muchdi

WinnetNews.com - Melakukan perawatan tubuh biasa dilakukan oleh semua orang. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar terlihat indah dan bersih.

Bukan hanya bagian yang terlihat di luar, bagian tubuh yang tertutup juga dirawat agar tetap indah dan sehat. Salah satunya adalah ketiak, yang biasanya diberi perawatan agar tetap cerah dan tidak bau.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman LiveStrong, Minggu (26/8/2018),  Mengapa ketiak bisa menghitam, berikut empat penyebab ketiak menghitam.

1. Antiprespirant

Antiperspirant adalah zat yang berfungsi sebagai penghambat keringat, biasanya aluminium klorida. Saat digunakan di kulit dan terpapar oleh keringat aluminium akan membentuk lapisan yang menyumbat pori-pori.

Kandungan dalam antiprespirant menyebabkan perubahan warna pada kulit ketiak. Pakar merekomendasikan untuk mengganti antiperspirant dan beralih ke produk deodoran saja.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat menjadi penyebab dalam menghitamnya kulit ketiak, infeksi disebabkan oleh bakteri corynebecterium minutissimun.

Bintik merah mudah akan berubah menjadi sisik yang berwarna coklat. Menurut National Institute of Health ini biasanya umum dijumpai oleh orang yang menderita diabetes mellitus.

3. Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi medis di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti ketiak, selangkangan, dan leher. Acanthosis nigrincas sering terjadi pada orang dengan gangguan insulin, penyakit addison, masalah hiposifis, dan hipotiroidisme.

4. Mencukur

Mencukur bulu ketiak akan memberikan warna yang gelap pada kulit ketiak. Dibandingkan mencukur coba pertimbangkan waxing atau tweezing, karena prosedur ini menghilangkan bulu atau rambut dari bawah permukaan kulit dan mengurangi visibilitas kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...