Mau Tahu Lamanya  Ideal Berpacaran Sebelum ke Jenjang Pernikahan? Ini Jawaban
ilustrasi pasangan bahagia ( Photo iStock )

Mau Tahu Lamanya Ideal Berpacaran Sebelum ke Jenjang Pernikahan? Ini Jawaban

Minggu, 23 Jun 2019 | 13:28 | Muchdi
Winnetnews.com - Para peneliti di Emory University melakukan survei lebih dari 3.000 orang di Amerika Serikat yang telah menikah tentang berbagai aspek kencan yang mereka lakukan.

Meskipun fokus utama mereka adalah survei biaya pernikahan, mereka memasukkan faktor-faktor lain yang memprediksi bisa membuat sebuah hubungan bubar.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman psychologytoday.com, dikutip Minggu (23/6/2019), Salah satu survei yang dilakukan adalah meneliti berapa durasi pacaran yang ideal sebelum sepasang kekasih melanjutkan hubungannya ke jejang pernikahan.

Menurut peneliti, berpacaran satu atau dua tahun secara signifikan menurunkan kemungkinan perceraian di masa depan, sekitar 20 persen lebih rendah.

Berpacaran tiga tahun atau lebih mengurangi kemungkinan perceraian pada tingkat yang bahkan lebih besar, hingga sekitar 50 persen lebih rendah pada titik waktu tertentu.

Ini menunjukkan bahwa masa berpacaran mampu memberikan manfaat yang baik dalam mengenal satu sama lain di masa mendatang (ketika sudah menikah)

Namun, ada pengecualiannya. Peneliti juga mencari tahu efek yang terjadi pada pasangan muda. Ada kategori umur yang mereka teliti.

Jika pasangan bertemu di usia 21, itu berbeda dari pertemuan pasangan yang berusia 31 tahun atau mereka yang berusia 41 tahun.

Semakin matang usia seseorang maka semakin ia memahami risiko dalam sebuah hubungan. Jadi bisa ditarik kesimpulan berpacaran selama tiga tahun bagi mereka yang menjalin hubungan di usia muda tidak cukup. Perlu waktu tambahan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...