(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mau tahu Obat Stres Paling Manjur? Yuk… Olahraga Bareng Teman

Muchdi
Muchdi

Mau tahu Obat Stres Paling Manjur? Yuk… Olahraga Bareng Teman ilustrasi

WinNetNews.com - Stres mungkin menjadi musuh paling besar masyarakat urban. Sayangnya hampir tidak mungkin menghindari stres, seiring dengan makin padatnya aktivitas sehari-hari. Namun bukan berarti dampak stres tak bisa diantisipasi sedini mungkiin.

Olahraga ternyata menjadi obat paling manjur menghadapi stres, apalagi bila bisa dilakukan bersama teman. Olahraga membantu mengalihkan pikiran sehingga bisa berpikir lebih jernih menghadapi berbagai masalah.

"Tubuh memproduksi hormon antistres yang disebut endorfin saat berolahraga," kata pelatih atletik bersertifikat Frank Lupin, seperti dikutip dari situs detikHealth,Jakarta, Selasa (11/9/2018 )

1. Olahraga bersama

Olahraga bareng menjadi kandidat pertama kegiatan pereda stres. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menjalin silaturahim, melepaskan endorfin, dan meningkatkan motivasi untuk tetap sehat.

Seseorang biasanya merasa malu bila lekas lelah atau selalu kalah dalam olahraga bersama. Indonesia mengenal sepak bola, basket, atau voli sebagai olahraga yang kerap dimainkan dalam tim.

2. Latihan kardiovaskuler

Olahraga yang perlu banyak energi ini antara lain lari, menari, dan in line roller skating. Selain melepaskan endorfin, olahraga tersebut mampu meningkatkan detak jantung. Hasilnya tak hanya fisik yang sehat, namun juga mental karena merasa bahagia.

Sebelum latihan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter telebih dulu, untuk memastikan kesehatan tubuh dan jantung. Bila memungkinkan, olahraga bisa dilakukan di luar ruangan atau melintasi lokasi dengan pemandangan yang menarik.

3. Yoga dan tai chi

Keduanya adalah latihan olah napas dalam berbagai pose yang baik untuk meredakan stres. Untuk meredakan stres bisa dipilih gentle yoga atau yoga untuk pemula. Manfaat tambahan diperoleh bagi yang berlatih tai chi antara lain membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan gejala gangguan jantung, radang sendi, dan fibromyalgia.

4. Pilates

Pilates adalah serangkaian gerakan menggunakan matras yang diberi nama sesuai penemunya Joseph Pilates. Gerakan pilates dirancang meningkatkan kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas tubuh.

Selain meredakan stres, latihan anaerobik ini bisa meningkatkan massa otot dan memperbaiki penampilan. Video panduan pilates yang mudah diperoleh memungkinkan latihan dilakukan sendiri di rumah.

5. Bela diri

Bela diri menjadi kegiatan alternatif lain untuk melepaskan energi, frustasi, dan emosi. Selain menjaga tetap aktif, latihan bela diri mengajarkan disiplin dan teknik bertahan untuk menjaga diri.

Bila masih kelebihan energi, bisa mencoba kickbboxing yang terdiri atas latihan fisik berintensitas tinggi. Latihan kickboxing rutin membantu memperbaiki keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitas.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});