(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

May Day, Ratusan Ribu Buruh Serbu Jakarta Hari Ini

Nadia Chevina
Nadia Chevina

May Day, Ratusan Ribu Buruh Serbu Jakarta Hari Ini
WinNetNews.com - Ratusan ribu buruh dipastikan akan turun ke jalan dalam Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day 2016, yang jatuh pada Minggu (1/5/2016) ini. Mereka akan menuntut peningkatan kesejahteraan kepada pemerintah yang saat ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan, massa buruh akan mengawali aksinya dengan berunjuk rasa di depan Istana Negara. Said mengatakan, para buruh yang jumlahnya diperkirakan mencapai 150 ribu itu akan  berkumpul di Bundaran Patung Kuda, Jalan MH Thamrin atau di depan pintu masuk Monumen Nasional.

"Titik kumpul aksi buruh se-Jabodetabek di Jakarta pada May Day 1 Mei 2016, pukul 10.00 WIB adalah di Patung Kuda Indosat, bukan di Bundaran HI demi menghormati masyarakat yang sedang mengikuti car free day," ucap Said dalam siaran pers, Minggu (1/5/2016).

Said menjelaskan, setelah seluruh buruh berkumpul, mereka akan berjalan atau longmars menuju Istana Negara, dan dilanjutkan pada siang harinya para buruh akan bergerak ke Stadion Gelora Bung Karno sebagai pusat perayaan May Day tahun ini.

Menurut Said, terdapat empat tuntutan yang menjadi fokus utama para buruh dalam perayaan May Day tahun ini. Pertama, meminta pemerintah untuk mencabut PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Para buruh, tegas Said menolak masih adanya upah murah yang dilakukan perusahaan-perusahaan.

"Naikan upah minimal pada 2017 ini sebesar Rp 650 ribu," tukas Said.

Tuntutan kedua yang diteriakkan buruh yakni, meminta untuk menghentikan segala kriminilasasi terhadap buruh yang kerap dilakukan aparat kepolisian. Ketiga, mereka juga menolak adanya reklamasi, penggusuran dan juga menolak adanya RUU Tax Amnesty.

"Terkahir kami akan mendeklarasi ormas buruh dengan nama Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan Organisasi Rakyat Indonesia (ORI)," pungkas Said.

Dilansir: okezone

Foto: google(dot)com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});