(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mazda RX-8 : Inikah Wujud Penerusnya ?

Muchdi
Muchdi

Mazda RX-8 : Inikah Wujud Penerusnya ?

WinNetNews.com - Pada acara Tokyo Motor Show 2015 yang akan berpartisipasi, Mazda, bisa dibilang menjadi salah satu peserta yang paling diantisipasi. Bagaimana tidak, kabar-kabur menyebut bila pabrikan Jepang itu akan menghidupkan kembali sportscar bermesin rotari yang lama tenggelam.

Hal ini dikonfirmasi petinggi perusahaan. Bahkan ia memberikan bocoran bahwa mobil bermesin rotari itu pamer diri di Tokyo Motor Show 2015. Gayung bersambut, paska Mazda mengungkap sketsa mobil yang bakal dipamerkan di Tokyo akhir Oktober, kini sejumlah foto render kembali bikin publik penasaran.

Melansir laman Motoring.com.au, spekulasi mengenai rendering itu mengerucut pada dua kemungkinan: sebuah kasta tertinggi dari MX-5 roadster atau sportscar coupe bermesin rotari yang digadang-gadang bernama RX-9.

Meskipun, foto itu lebih mengarah pada penerus RX-7 dan RX-8. Bahkan, bentuknya lebih mirip dengan Cosmo Sport, mobil Mazda pertama yang menggunakan mesin rotari yang debut 1967 dan cuma ada 1.519 unit.

Konfigurasi dua mesin rotari

Lebih lanjut, situs Australia itu mengklaim, new RX-9 hadir dengan mesin hibrida turbo rotari yang terdiri dari dua mesin rotari. Berkapasitas 800 cc mesin itu turut mengemasturbocharger elektrik.

Dengan konfigurasi tersebut, Mazda memiliki solusi terhadap masalah besar pada mesin Wankel 1,3 liter di RX-8 terkait torsi rendah.

Dijelaskan, new RX-9 bakal punya sistem turbocharging dua tahap, dengan pengaktifan unit secara elektrik pada putaran mesin rendah dan turbocharger pada putaran tinggi.

Sementara itu, new RX-9 bakal diluncurkan pada 2017. Momentum itu sengaja dipilih untuk menandai debut pertama mobil Mazda bermesin rotari 50 tahun yang lalu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});