MBC 'PD Note' Bahas Isu Wamil BTS: Jin Bisa Menundanya Tahun Ini Tapi…

Nisa Diniah

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

MBC 'PD Note' Bahas Isu Wamil BTS: Jin Bisa Menundanya Tahun Ini Tapi…
Foto: Pinterest.com

Winnetnews.com -  Isu tentang wajib militer BTS dibahas dalam episode terbaru program jurnalisme investigasi terkenal MBC, PD Note. Pada 10 Mei 2022, episode berjudul "BTS dan wajib militer" dari PD Note ditayangkan dan membahas topik sistem wajib militer alternatif untuk seseorang dalam bidang seni dan olahraga.

Dilansir dari Kbizoom, Choi Kwang Ho, sekretaris jenderal Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA), mengatakan, “Jin BTS bisa menunda pendaftarannya hingga tahun ini, tetapi tahun depan, saatnya ia harus memenuhi wajib militernya.”

image0
Foto: Kbizoom

Choi Kwang Ho menambahkan, “Bukankah ada periode 6 bulan bagi undang-undang untuk secara resmi berlaku setelah disahkan? Pada akhirnya, BTS sekarang berada dalam situasi di mana manfaat wajib militer tidak mungkin.”

Mengenai Undang-Undang Dinas Militer, Sung Il Jong, seorang anggota Majelis Nasional, mengatakan di Komisi Pertahanan Nasional pada 25 November tahun lalu.

“Satu member BTS harus mendaftar di militer sebelum 31 Desember tahun ini dan jika para member mendaftar satu demi satu, BTS akan dipisahkan. Hal ini menyebabkan masalah identitas sehingga tidak ada lagi kesempatan. Itu sebabnya tiga orang mengusulkan bahwa adalah ide yang baik untuk menilai benar dan salah dengan mempertimbangkan manfaat nasional meskipun kita mungkin akan dikritik," kata Sung II Jong. 

Menyebut pembebasan wajib militer BTS pada 4 Mei, mantan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Hwang Hee juga menyatakan, “Karena kewajiban memenuhi wajib militer, kegiatan terpaksa dihentikan. Ini jelas akan menimbulkan kerugian nasional". Hwang Hee juga melanjutkan, “Saya berharap Majelis Nasional akan mulai membahas masalah ini sesegera mungkin”.

Sementara itu, pembebasan wajib militer BTS masih menuai perdebatan di kalangan netizen Korea. Mayoritas netizen mengatakan, “Tidak adil dan setara jika member BTS diberikan pengecualian wajib militer”, sementara banyak juga yang masih percaya bahwa pemerintah harus mendukung mereka.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...