Media Asing Ramalkan Prabowo Menang Pilpres 2019?

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Media Asing Ramalkan Prabowo Menang Pilpres 2019? Rosalind Mathieson dari Bloomberg melaporkan tentang Pemilu 2019 di Indonesia. (Sumber: Youtube/Bloomberg Politics)

Winnetnews.com - Beredar kabar bahwa ada media asing yang telah meramalkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan memenangkan Pilpres 2019. Hal itu disebarluaskan oleh sejumlah orang dari kubu Prabowo.

Sebuah akun Twitter bernama @berteman _mari yang mana menurut kabar yang diberitakan oleh laman Suara (23/4), adalah Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) TNI JS Prabowo membagikan video beserta narasi kemenangan Prabowo itu melalui akun tersebut pada Kamis (18/4).

Keterangan yang ia tulis menyebutkan bahwa Prabowo akan menang Pilpres 2019, seperti yang sudah diramalkan TV luar negeri.

"Media asing meramalkan Prabowo menang Pilpres. Mereka kan juga punya metode menghitungnya sendiri... #JagaSuara02AmankanC1," cuit JS Prabowo.

Tak ayal ribuan netizen pendukung Prabowo pun me-retweet dan menyukai cuitan tersebut yang menyebabkan narasi 'Media asing sudah meramalkan kemenangan Prabowo' makin tersebar luas di jagat maya.

Faktanya, video yang dibagikan JS Prabowo itu sebelumnya telah diunggah di kanal YouTube Bloomberg Politics pada 27 Februari 2018. Video tersebut berjudul "Subianto May Enter Indonesian Race" atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, “Prabowo Diperkirakan Akan Mengikuti Pilpres Indonesia”.

Pada kotak keterangan tertulis, “Feb.27 -- Bloomberg's Rosalind Mathieson reports on the upcoming 2019 Indonesia election. She speaks on "Bloomberg Markets.”” Yang artinya “Rosalind Mathieson dari Bloomberg melaporkan tentang Pemilu 2019 mendatang di Indonesia. Dia pembicara di "Bloomberg Markets.”

Jadi kesimpulannya, tayangan tersebut dibuat jauh sebelum Pemilu 2019. Rosalind Mathieson dan presenter saat itu membicarakan bahwa Pilpres 2019 di Indonesia diperkirakan akan menjadi pertarungan kedua antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, seperti pada 2014 lalu.

Tidak ada percakapan di antara mereka yang menyebut Prabowo akan memenangkan Pilpres 2019.

Meski video yang diunggah JS Prabowo tersebut berasal dari media asing dan tak disunting, keterangan yang ia sertakan tak sesuai dengan perbincangan kedua tokoh dalam program TV Bloomberg itu.

 

Apa Reaksi Kamu?