Media Korea Soroti Adanya "Tren" di Kalangan Grup K-Pop Pendatang Baru 2019, Apakah Tren Itu?
Foto: Koreaportal

Media Korea Soroti Adanya "Tren" di Kalangan Grup K-Pop Pendatang Baru 2019, Apakah Tren Itu?

Selasa, 20 Agt 2019 | 15:06 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Sepanjang 2019 ini, ada banyak boygroup dan girlgroup K-Pop memulai debut mereka. Beberapa dari mereka bahkan sukses memberi kesan mendalam pada publik dan meraih pencapaian mengagumkan untuk ukuran grup rookie atau pendatang baru.

Banyaknya grup-grup baru bermunculan nampaknya membuat media Korea menyadari adanya satu kesamaan diantara grup-grup K-Pop yang melangsungkan debutnya tahun 2019 ini. Sebagian besar grup rookie yang ada memiliki jumlah anggota yang sedikit. Terkhusus untuk idol yang tidak melalui proses survival, kebanyakan dari mereka mempunyai anggota yang tidak terlalu banyak dibanding dengan grup yang berasal dari program survival.

Seperti dilansir dari Naver News, beberapa grup pendatang baru seperti ITZY, TXT, CIX, AB6IX, VERIVERY, ONEUS, 1TEAM, TREI, LIMITLESS, EVERGLOW dan lainnya yang debut tahun ini memiliki jumlah member di bawah 7.

Pemangkasan jumlah member grup K-Pop generasi ke-4 dianggap sebagai pilihan terbaik dari agensi. Bukan hanya dari sekedar masalah biaya, tetapi juga sebagai pilihan untuk menunjukkan para member yang paling menarik.

Selain itu, ada juga peran dari program survival secara langsung. Sebagai contoh secara representatif, sekitar 101 peserta pelatihan muncul hanya untuk mengikuti program survival Mnet "Produce X 101" begitupun dengan program lainnya yang serupa. Mereka punya waktu yang banyak untuk memperkenalkan calon trainee mereka di depan publik hingga mereka bisa menunjukan kepada orang-orang bahwa mereka pantas debut dan mendapat banyak dukungan. Hal itu yang tentunya tidak didapat oleh grup yang debut langsung melalui agensi. Mereka biasanya terbatas hanya pada program acara pra-debut.

Banyak grup yang bukan jebolan program survival yang memiliki member sedikit biasanya terbantu oleh senior mereka, atau pun dari salah satu membernya. Seperti TXT yang dikenal sebagai adik BTS, ITZY sebagai adik TWICE, ONEUS sebagai adik MAMAMOO, VERIVERY sebagai adik dari VIXX, CIX sebagai grupnya Bae Jinyoung, AB6IX sebagai grupnya Lee Daehwi dan Park Woojin, dan masih banyak lainya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...