Megahnya Mesjid Agung Jawa Tengah

Megahnya Mesjid Agung Jawa Tengah

WinNetNews.com - Sebuah mesjid nan megah berdiri tegak di Semarang, Jawa Tengah. Tidak hanya kemegahannya saja, luasnya mesjid ini juga bisa menampung 15.000 jamaah yang ingin melakukan kewajiban mereka. Gerbang bertuliskan Asmaul Husna selalu siap “menyapa” siapa saja yang datang dengan niat yang baik.

image0

Namanya Mesjid Agung Jawa Tengah. Dibangun dengan tanah seluas 10 hektar. Membutuhkan waktu sekitar 5 tahun yang kemudian diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden ditahun 2006 silam.

Bagi kamu yang ingin mampir, Mesjid Agung berada sekitar 2,9 km dari kantor Gubernur Jawa Tengah atau 3,2 km dari Simpang Lima.

image1

Pencarian arsitektur untuk mendesain Mesjid ini cukup unik. Dengan mengadakan sayembara, maka terpilihlah Ahmad Fanani sebagai orang dibalik dibuatnya Mesjid Agung dengan desain yang megah. Ia adalah arsitek senior lulusan UGM.

Selain megah, Mesjid Agung juga termasuk mesjid yang cukup modern. Ini bisa terlihat dari 6 buah tiang yang bisa berubah menjadi payung. Atau mungkin kamu pernah melihatnya di Mesjid Nabawi, Arab Saudi.

image2

Bangunan Mesjid Agung Jawa Tengah terdiri dari dua lantai. Untuk lantai pertama bisa menampung 6.000 jamaah pria dan lantai kedua untuk jamaah wanita. Selain itu, Mesjid Agung juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas area pujasera, auditorium, menara pandang, museum kebudayaan Islam, perkantoran, taman, tempat parkir, toko suvenir, dan hotel. Biaya pembangunannya konon menelan biaya Rp.230 milyar, dari rencana awal yang hanya Rp.30 milyar

Kebanyakan masyarakat datang berkunjung saat menjelang sore hingga malam. Karena diwaktu tersebut mereka dapat melihat 6 tiang yang bertransformasi menjadi payung raksasa.