(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meksiko Diguncang Gempa, Apakah Ada Tsunami?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Meksiko Diguncang Gempa, Apakah Ada Tsunami? FotoL Foxnews

WinNetNews.com - Sebuah gempa besar melanda pantai selatan Meksiko, dekat perbatasan Guatemala, memicu kepanikan dan bangunan bergetar. Gempa yang berkekuatan 8.4 SR terjadi larut malam. 

Ini terjadi pada kedalaman sekitar 22 mil di lepas pantai Tres Picos sekitar pukul 11:49. waktu lokal. Pusatnya berada 102 mil sebelah barat Tapachula di selatan Chiapas.

Seperti dikutip dari nydailynews, Survei Geologi A.S. pada awalnya memperkirakan besarnya 8,0 sebelum merevisinya menjadi 8.1. Badan Seismologi Meksiko kemudian memberi nilai 8.4

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang berbahaya dapat terjadi dalam tiga jam setelah gempa besar di beberapa pantai di Meksiko, termasuk Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras dan Ekuador. Ancaman tsunami masih dievaluasi untuk Hawaii, Guam dan Kepulauan Pasifik lainnya.

Tidak ada ancaman tsunami untuk Pantai Barat A.S.

Mereka yang berada di ibu kota, yang terletak lebih dari 650 mil dari pusat gempa, melarikan diri ke jalanan saat terjadi gempa. Saksi mata mengatakan bangunan di sana terancam rubuh, bergoyang maju mundur, terlepas dari jarak kota dari kejadian tersebut.

Tidak ada laporan kerusakan, meski hal itu berhasil melumpuhkan kegiatan di beberapa lingkungan.

Badan perlindungan sipil negara tersebut mengatakan ini adalah gempa terkuat yang menimpa Meksiko sejak tahun 1985, ketika sebuah gempa dahsyat mengejutkan ribuan orang dan menghapus bangunan yang tak terhitung jumlahnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});