Melahirkan Pada Umur Lebih Dari 40 Tahun, Miliki Risiko Kena Stroke Tinggi

Melahirkan Pada Umur Lebih Dari 40 Tahun, Miliki Risiko Kena Stroke Tinggi

WinNetNews.com-Di zaman modern, beberapa wanita ada yang tunda mengarungi kehidupan rumah tangga. Alhasil, ketika memiliki anak usianya tidak lagi muda. Sayangnya, studi temukan hubungan antara wanita yang melahirkan di usia di atas 40 tahun dan penyakit kardiovaskular juga stroke.

Penelitian yang dipresentasikan pada American Stroke Association Meeting di Los Angeles mengatakan, bahwa sekitar 70 persen wanita yang melahirkan di usia lebih dari 40 tahun meninggal sebab terkena penyakit kardiovaskular di kemudian hari ketimbang yang jadi ibu di usia lebih muda.

Potensi wanita melahirkan di usia ini terkena stroke iskemik pun meningkat hingga 60 persen. Stroke iskemik adalah stroke yang terjadi sebab sel otak kekurangan oksigen. "Sebelumnya kita memang tahu wanita yang melahirkan di usia tua lebih mengalami masalah kesehatan saat hamil dibandingkan hamil di usia yang lebih muda. Tapi kini kita tahu dampak lain bagi wanita ini," terang pemimpin penelitian, Profesor Adnan Qureshi.Tingginya tekanan gula darah, diabetes, dan kolesterol tinggi jadi penyebab risiko tersebut timbul dibandingkan wanita yang hamil di usia lebih muda.

"Oleh karena itu wanita yang hamil di usia tak muda meski waspada akan kenaikan risiko kesehatan, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular mereka," lanjut Qureshi lagi seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (18/2/2016).

Qureshi juga mengingatkan pentingnya dokter dalam memonitor kesehatan lewat pemeriksaan fisik juga intervensi awal guna mencegah stroke dan hal-hal terkait masalah kardiovaskular lainnya.

Sumber:liputan6.com

Foto: http://www.dailymail.co.uk/