Melantai Perdana di BEI, Harga Saham Anak Usaha BRI Melesat 19,61%

Muchdi
Muchdi

Melantai Perdana di BEI, Harga Saham Anak Usaha BRI Melesat 19,61% ilustrasi

WinNetNews.com - Satu lagi bank syariah yang menjajakan sahamnya di pasar modal. Kali ini giliran PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang mengantarkan anak usahanya PT Bank BRISyariah');">BRISyariah Tbk untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal.

Saat dicatatkan, saham berkode BRIS ini langsung menguat 100 poin atau 19,61% dari harga penawaran Rp 510 menjadi Rp 610. Di harga itu saham BRIS sudah ditransaksikan sebanyak 31.986 lot saham dan 55 kali frekuensi senilai Rp 1,86 miliar.

"Kami bahagia katena IPO kami mengalami 2 kali over subscribed. Ini merupakan sambutan positif dari para investor," kata Direktur Utama BRISyariah Hadi Santoso di Gedung BEI, Jakarta, seperti di kutip dari situs detikFinance, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dalam pencatatan saham ini, BRIS melepas 2.623.350.600 lembar saham atau setara 27% dari modal yang ditempatkan perseroan. Itu artinya perseroan mengantongi dana segar hasil IPO sebesar Rp 1,33 triliun.

80% dari dana hasil IPO itu rencananya akan digunakan perseroan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan. Lalu sekitar 12,5% akan digunakan pengembangan sistem IT dan sisanya untuk pengembangan jaringan kantor.

"Kami ingin menjadi game changer bagi perbankan syariah melalui akselerasi ekspansi bisnis syariah, terutama dalam peningkatan pembiayaan," kata Hadi.

Dalam aksi korporasi ini, BRISyariah telah menunjuk empat penjamin pelaksana emisi atau Joint Lead Underwriters, yaitu PT Bahana Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Indo Premier Sekuritas dengan kesanggupan penuh atau full commitment berdasarkan hasil penawaran awal (bookbuilding).

Apa Reaksi Kamu?