Melihat 6 Fakta Menarik Gereja Notre Dame yang Terbakar

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Melihat 6 Fakta Menarik Gereja Notre Dame yang Terbakar Sumber: Guardian

Winnetnews.com - Kebakaran yang terjadi di warisan dunia, Gereja Notre Dame di Paris pada 15/4/2019 malam waktu setempat menghancurkan bagian atap dan merusak puncak menara gereja bersejarah tersebut.

Kebakaran ini membuat warga Paris dan turis bersedih bahkan mereka menangis dan berdoa saat melihatnya. Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab dari kebakaran tersebut, banyak kabar yang beredar jika, kebakaran itu terjadi proses renovasi di sana.

Tim pemadam kebakaran mengerahkan 400 anggota dari seluruh Perancis, termasuk menggunakan 18 selang bertekanan tinggi dan berjibaku menaklukkan api selama berjam-jam. Terlepas dari itu semua, berikut beberapa fakta menarik dari gereja Notre Dame.

1. Dibangun selama 200 tahun lebih

Proses pembangunan Gereja Notre Dame sangat berlangsung lama. Restorasi besar dan penambahan dibuat pada abad ke-17 dan ke-18. Dibangun sekitar 1163, pembangunan Notre Dame berlangsung lebih dari dua abad dan selesai pada 1345. Batu dan kaca patri di bangunan Gereja Notre Dame menampilkan kembali penggambaran-penggambaran dan sejumlah pelajaran dari Alkitab.

2. Bagian penting gereja Notre Dame

Ada dua bagian yang paling menonjol di dalam Gereja Notre Dame Paris, yaitu dua menara lonceng abad ke-13 menjadi bagian yang paling kentara dari Gereja Notre Dame. Lonceng terbesar yang disebut "bourdon" dikenal dengan nama "Emmanuel".

3. Batu pertama

Dikutip dari Independent, batu pertama katedral Notre-Dame de Paris ("Our Lady of Paris") diletakkan tahun 1163 pada masa pemerintahan Louis VII. Saat itu Paris sedang berkembang pesat baik populasi dan ekonominya.

4. Tangga dan Galeri Chimera

Di gereja Notre Dame ada 387 anak tangga yang menuju ke menara yang akan membawa pengunjung melewati galeri chimera, makhluk mitologi yang terdiri atas lebih dari satu binatang. Dan gargoyle "Stryge" yang duduk di atas katedral mengawasi Paris dengan kepala bersandar di tangannya.

5. Menjadi tempat penting dalam sejarah Prancis

Gereja Notre Dame pulalah, Napoleon Bonaparte mengukuhkan diri sebagai Kaisar Perancis pada 1804. Sementara itu, lonceng yang berkumandang secara terus-menerus pada 24 Agustus 1944 menandai pembebasan Perancis dari cengkeraman Nazi Jerman selama Perang Dunia II berkecamuk.

6. Katedral Notre Dame dikunjungi 13 juta turis setiap tahun

Setiap tahun sekitar 13 juta turis dari berbagai belahan dunia mengunjungi Katedral Notre Dome. Katedral berlokasi di Île de la Cité, pulau kecil di tengah kota Paris. Katedral menjadi ikon Paris yang paling menarik perhatian turis dunia.

 

 

Apa Reaksi Kamu?