Melihat Fakta Menarik Seputar Ustadz Arifin Ilham

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Melihat Fakta Menarik Seputar Ustadz Arifin Ilham Foto: Tempo

Winnetnews.com - Kabar duka datang dari Ustadz Muhammad Arifin Ilham. Ustadz dengan suara khas ini, meninggal dunia diusia 49 tahun pada Rabu 22/5/2019 malam di Penang Malaysia. Kabar duka ini disampaikan dari Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym melalui pesan singkat.

"Innaalillahi wainnaa ilaihi roji'uun. Telah wafat guru, sahabat kita, Ustad Arifin Ilham," kata Aa Gym dalam pesan singkatnya. Ustadz Arifin meninggal dunia pukul 23.20 waktu Penang. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, sosok Ustadz Arifin juga tidak dapat dipisahkan begitu saja dengan keriuhan politik kontemporer.

Suara serak-serak basahnya saat melantunkan zikir merupakan bagian dari sejumlah aksi yang melibatkan umat terkait kontestasi politik dalam tiga tahun terakhir. Terlepas dari itu semua, intip 4 fakta menarik seputar Ustadz Arifin Ilham.

1. Berpoligami

Ustadz Arifin Ilham diketahui memiliki tiga istri yakni Yuni Djamaluddin, Rania, dan Ummin Akhtar. Meski memiliki tiga istri, rumah tangga Ustadz Arifin Ilham ini selalu terlihat harmonis. Rumah tangga mereka telah dikaruniai lima anak yakni Muhammad Alvin Faiz, Amtaza Syahla Arifin, Alaa Hifzhiyah Arifin, Muhammad Amer Azzikra, dan Muhammad Azka Najhan.

2. Asli dari Banjarmansin

Ustadz Ilham lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebagai anak kedua dari lima bersaudara. Pendidikannya sampai SMP diselesaikan di Banjarmasin, sementara setingkat SMA hingga lulus sarjana dirampungkan di Jakarta.

Gelar sarjananya didapat dari Universitas Nasional untuk jurusan Hubungan Internasional. Biografi lebih detail dari sosok Arifin Ilham dapat disimak antara lain dalam situs Majelis Az-Zikra.

3. Memiliki suara yang khas

Arifin Ilham memiliki suara khas yang terdengar serak. Ternyata suara serak tersebut ia dapatkan setelah sembuh dari gigitan ular. Hal tersebut disebabkan pemasangan beberapa selang sekaligus dalam mulutnya untuk waktu yang cukup lama saat perawatan.

4. Pecinta bintang

Dikutip dari Tribun, Ustadz Arifin Ilham dikenal suka dengan binatang. Di rumah ibu angkatnya di Jakarta, Ustad Arifin dikabarkan memiliki banyak binatang peliharaan. Beberapa di antara hewan peliharaannya itu adalah burung hantu, kera dan ayam kate. Ia juga sempat memelihara ular sebagai pemberian warga pada April 1997.

5. Memiliki menantu seorang mualaf

Pada tahun 2906 lalu, anak sulung Ustadz Arifin Ilham menikah dengan seorang mualaf bernama Larissa Chou pada 6 Agusutus 2016 silam. Meski sempat menjadi perbincangan publik lantaran usia Larissa yang juga lebih tua dibanding Alvin, namun pernikahan mereka tetap berjalan dengan baik. Alvin menikah di usianya yang baru menginjak 17 tahun dan Larissa diketahui berusia dua tahun lebih tua darinya

6. Pendiri majelis taklim Adz-Dzikra

Selain berdakwah mendiang Ustadz Arifin Ilham juga pendiri dari majelis taklim. Dilansir dari web resmi Azzikra, ini merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan nonformal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Majelis Az-Zikra adalah pesantren yang dia dirikan dan berlokasi di kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Berdasarkan unggahan Alvin, rencananya Arifin Ilham juga akan dimakamkan di kompleks pesantren ini, sesegera tiba dari Malaysia.

7. Pernah dakwah di depan narapidana

Sebagai seorang ustad, Arifin Ilham telah banyak berdakwah di berbagai tempat dan berbagai jamaah. Salah satu yang paling berkesan adalah saat ia memimpin zikir untuk para narapidana di LP Cipinang. Arifin Ilham juga pernah melakukan zikir di LP Nusakambangan dan diikuti oleh Tommy Suharto.

 

 

Apa Reaksi Kamu?