Melihat Perbedaan Physical Distancing dan Social Distancing
Sumber:Bb

Melihat Perbedaan Physical Distancing dan Social Distancing

Selasa, 24 Mar 2020 | 17:14 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com - Terkait  virus corona yang sudah mewabah di Indonesia presiden Jokowi menyebut  pysical distancing  jadi cara tepat mencegah penularan virus coron COVID-19 di Indonesia. Sebelumnya yang ramai dibicarakan adalah social distancing.

"Di negara kita memang yang paling pas adalah physical distancing. Menjaga jarak aman, itu yang paling penting," ujar Jokowi melalui tayangan siaran streaming di Youtube.

Awalnya publik mengenal istilah social distancing digunakan oleh beberapa ahli sebagai sebutan upaya menjaga jarak dengan orang lain. 

Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berusaha mengubah istilah tersebut dengan physical distancing sehingga tidak menimbulkan kekacuan di dunia.

"Kita awalnya mulai dengan istilah 'social distancing' dan saya pikir beberapa orang tidak begitu mengerti artinya. Ada kekhawatiran hal ini menyebabkan isolasi sosial," kata ahli penyakit infeksi Dr Jeff Kwong dari University of Toronto, dikutip dari Detik.com.

"Jadi kami pikir mungkin istilah yang lebih tepat adalah 'physical distancing' karena memang pada intinya adalah bagaimana kita harus jauh secara fisik, namun dekat secara sosial," lanjutnya.

WHO menyebut sudah banyak negara yang mengikuti anjuran ini. Beberapa negara bahkan memakai anjuran ini sebagai solusi untuk atasi virus corona.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...