Melihat Tambang Garam yang Megah di Polandia
Foto: Bored Panda

Melihat Tambang Garam yang Megah di Polandia

Rabu, 3 Jun 2020 | 12:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Sebuah tambang garam di kota Wieliczka, Polandia terlihat sangat berbeda dari tambang garam lainnya. Tambang ini pertama kali dibuka pada abad ke-13 dan saat ini telah masuk ke daftar Warisan Dunia UNESCO.

Tambang ini sangat megah, mencapai -1072 kaki di titik terdalamnya, terdapat sebuah danau di bawah tanah, 2.000 kamar, dan kapel yang dilengkapi dengan lampu gantung berukuran besar. Segala hal yang ada di dalam tambang ini, semuanya terbuat dari garam.

Dilansir dari Bored Panda, tambang garam ini pada awalnya disebut dengan nama Magnum Sal atau Garam Besar. Pada abad ke-13, tambang ini menjadi sumber garam terbesar di negara tersebut dan penting bagi perekonomian negara. Namun saat ini, tambang garam tersebut menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di Polandia.

Berdasarkan informasi dalam laman Wieliczka, terdapat sekitar 300-350 pekerja tambang pada Abad Pertengahan, dan produksi garam bisa mencapai 7 hingga 8 ton per tahun.

Tambang garam Wieliczka di Polandia
Foto: Bored Panda

Turis pertama yang datang ke sini adalah Nicolaus Copernicus, yang berkunjung pada tahun 1439 silam. Untuk memperingati peristiwa ini, terdapat sebuah patung yang dibuat dari garam dan diletakkan di sebuah kamar yang dimanai sesuai dengan namanya.

Tambang garam Wieliczka di Polandia
Foto: Bored Panda

Tambang  ini diketahui masih aktif sampai sekarang. Para penambang melindungi daerah bersejarah tambang, mengisi ulang apa yang disebut rongga pascatambang di bagian non-historisnya, serta mengelola kebocoran air tawar.

Hanya sekitar 2% area tambang yang dibuka untuk turis. Sementara itu, koridor tambang membentuk sebuah labirin yang memiliki panjang sekitar 498 kaki. Terdapat 9 lantai dan lantai paling bawah berada di kedalaman 1072 kaki.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...