Membanggakan, Driver Ojol ini Lulus Sarjana Predikat Cumlaude

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Membanggakan, Driver Ojol ini Lulus Sarjana Predikat Cumlaude Leony Suryani bersama rekan-rekan ojek online tengah berfoto usai diwisuda. (Foto: Twitter @gizandra)

Winnetnews.com - Semua orang berhak mengenyam pendidikan setinggi mungkin guna meningkatkan derajat agar tidak mudah dikelabui orang lain. Seperi kisah driver ojek online (ojol) bernama Leony Sondang Suryani, mahasiswi fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip) ini lulus dengan predikat cumlaude.

Foto mahasiswi tersebut pertama kali diunggah oleh Giza lewat akun Twitternya @gizayeolsung, Rabu (7/8/2019), sebelum akhirnya viral. Leony merupakan junior Giza di Fakultas Hukum Undip.

"Hari ini Undip wisuda, trus dri sekian banyak foto wisudawan/ti yang ramai di timeline, ini satu-satunya foto yang bikin gue merinding. Lemme intoduce you. Namanya lele, Junior gue anak FH Undip. Dri semester 5 udah ngegojek sampe dia lulus hari ini," tulis Giza di Twitternya, seperti dikutip Wolipop, Kamis (8/8/2019).

Dikonfirmasi mengenai tweetnya, Giza tidak menyangka bahwa postingannya akan menjadi viral. Kini cuitannya sudah mendapatkan like sebanyak 24.360 dan retweet 18.975 kali.

"Aku kaget. Tidak nyangka sama sekali kalau bisa seviral ini," kata Giza.

Giza mengaku mengenal mengenal Leony sejak bergabung dalam satu komunitas.

"Aku jurusan hukum 2014, dia itu junior aku 2015 pas awal maba itu dia langsung gabung di organisasi aku namanya kelompok riset dan debat, isinya itu belajar debat dan bikin karya tulis ilmiah," kata Giza.

Giza mengatakan memang dari semester satu sudah terlihat jiwa pejuang dalam diri Leony. Banyak juga senior di fakultas hukum Undip yang mengatakan Leony berbakat untuk debat. Keyakinan itu pun terbukti saat Leony diikutsertakan lomba debat tingkat nasional, dia meraih juara. Setelah itu, Leony nonstop mengikuti perlombaan debat.

Leony mulai terpikir untuk mencari uang sendiri dengan menjadi driver ojek online saat dia harus sering pergi - pulang dari Semarang ke rumahnya di Bogor. Dia melakukan itu karena menjenguk ayahnya yang sakit. 

"Dia daftar menjadi ojek online saat semester lima dan yang dia pakaipun motor sudah tua tapi dia masih tetap kerja pakai motor itu. Leony itu anaknya humble, baik, gampang dekat dengan orang baru. Di manapun dia berada dia disenengin banyak orang," kata Giza.

Giza menambahkan selama ini Leony yang akrab disapanya dengan panggilan Lele tidak pernah mendapatkan komentar negatif dari teman-temannya karena menjadi driver ojek online.

"Lele itu anaknya asyik, karena orang nggak bisa jahat sama dia.saking baiknya itu anaknya malah teman-teman banyak yang support," tandasnya.
 

Apa Reaksi Kamu?