Meminjam Format ‘Dunkrik’, Sam Mendes Jajal Film Perang Dunia I Lewat ‘1917’
Film '1917' (sumber: denofgeek.com)

Meminjam Format ‘Dunkrik’, Sam Mendes Jajal Film Perang Dunia I Lewat ‘1917’

Rabu, 21 Agt 2019 | 10:04 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Jika berbicara mengenai film sejarah perang, pasti pikiranmu mengembara ke film-film khas Perang Dunia II seperti Saving Private Ryan (1998), Inglorius Basterds (2009), Fury (2014), dan Dunkirik (2017). Namun bagaimana jika film tentang Perang Dunia I?

Meskipun terdapat beberapa film dilakukan dengan setting tahun 1914 sampai dengan 1918, mood pembuatan film genre ini nampaknya masih belum banyak diangkat oleh studio-studio Hollywood.

Namun hal itu justru menjadi pacuan bagi sutradara kenamaan Inggris, Sam Mendes, untuk mewujudkan film epic yang menceritakan ketegangan Perang Dunia I. Melalui film '1917', sutradara yang sukses memboyong Piala Oscar untuk film American Beauty (1999) ini menyuguhkan tampilan super keren dengan nuansa British war.

Disebut oleh para warganet, film '1917' ini seperti meminjam format Dunkirk (2017). Hal ini terlihat dari trailer yang ditampilkan dimana Mendes seolah bermain dengan visual dan score yang mengingatkan penonton akan film besutan Christopher Nolan tersebut. Banyak orang berspekulasi '1917' akan menyamai kepopuleran Dunkirk karena menyuguhkan sensasi ‘jajaran film yang bakal masuk nominasi Oscar’. Sutradara kondang Stephen Spielberg bahkan menybut film Mendes ini sebagai ‘ambisi yang luar biasa’. Wow!

Film '1917' sendiri menceritakan tentang dua prajurit muda dari Inggris, Schofield (George MacKay) dan Blake (Charles Chapman), yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan rahasia tentang serangan esok hari. Pesan rahasia ini sangat krusial, seperti halnya kode Enigma dalam film The Imitation Game (2014). Kode ini harus disampaikan untuk mencegah sebanyak 1.600 tentara Inggris gugur dalam peperangan.

Dalam trailer yang disuguhkan, kita bisa melihat beragam serangan buas dan bom di sana-sini yang mengancam nyawa para tentara Inggris. Film ini akan menyajikan banyak ledakan, tembakan, dan mayar-mayat yang tumbang.

Tidak hanya sampai di situ. Film garapan sutradara yang juga sukses mempertunjukkan Skyfall (2012) dan Spectre (2015) ini juga dibintangi oleh sederet aktor-aktor papan atas. Para pemeran kenamaan Inggris yang akan berlaga di film ini diantaranya Benedict Cumberbatch, Colin Firth, Mark Strong, dan Richard Madden.

Bagaimana, sudah tidak sabar menantikan film ‘1917’?

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...