Memotret Bikin Kita Lebih Ingat Momen-momen Lho!
Foto: Pexels

Memotret Bikin Kita Lebih Ingat Momen-momen Lho!

Selasa, 29 Agt 2017 | 10:00 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kaum milenial sepertinya tidak akan melupakan memotret momen yang menurut mereka bagus atau langka. Apalagi momen tersebut membuat mereka terkesan. Tentu itu bisa menjadi pengalaman yang akan selalu mereka ingat.

Dan hal itu benar adanya. Sebuah studi baru mengatakan bahwa memotret membantu orang mengingat setidaknya aspek visual suatu peristiwa.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, meminta 294 peserta melakukan tur museum dengan panduan audio yang menyertainya. Ada yang bisa membawa kameranya, sementara yang lain diminta untuk menyimpannya. Setelah itu, mereka ditanyai tentang tur tersebut dan diminta untuk mengingat benda-benda tertentu yang mungkin mereka lihat.

Peserta yang bisa dengan leluasa memotret saat tur mengingat lebih banyak tentang apa yang mereka lihat, tapi kurang dari apa yang mereka dengar dibandingkan dengan mereka yang tidak dapat mengambil foto.

"Orang mengambil foto secara khusus bisa mengingat pengalaman ini, entah itu makan malam yang menyenangkan bersama teman, tur keliling, atau yang lainnya," kata para penulis dalam penelitian tersebut.

Para peneliti ingin melihat bagaimana smartphone mempengaruhi atau mengubah bagaimana kita memproses informasi.

Studi lanjutan serupa dilakukan dengan aplikasi galeri seni virtual di smartphone. Peserta yang bisa memotret tur digital dapat mengingat lebih banyak dari apa yang mereka lihat daripada mereka yang tidak. Tapi mereka sekali lagi ingat apa yang mereka dengar.

"Bahkan ketika orang tidak memotret objek tertentu, seperti patung, tapi punya kamera dengan mereka dan niat untuk memotret, mereka mengingat patung itu lebih baik daripada orang yang tidak memiliki kamera," kata studi tersebut yang dikutip dari Nydailynews.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...