Mempraktikan Mindfulness untuk Redakan Rasa Cemas
Foto: Youmatter

Mempraktikan Mindfulness untuk Redakan Rasa Cemas

Sabtu, 9 Mei 2020 | 08:30 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Pernah mendengar tentang mindfulness? Teknik ini banyak dilakukan oleh sejumlah orang untuk meredam rasa cemas yang sedang mereka rasakan. Lalu, apa sebenarnya apa yang dimaksud dengan mindfulness?

Dilansir dari Insider, mindfulness adalah momen di mana kita menyadari apa yang dirasakan pikiran dan tubuh, serta mengakuinya tanpa menghakimi. mengaitkan teknik ini dengan pernapasan.

Mindfulness membantu kita memiliki jangkar untuk saat ini, karena pikiran kita sering kali kabur, mengkhawatirkan masa depan, atau menyesali sesuatu yang kita lakukan di masa lalu,” ujar Pimpinan Research and Inovation di Brown University Mindfulness Center, Judson Brewer MD, PhD,.

Menurutnya, dengan kita mempunyai “jangkar” maka kita dapat lebih mudah mengatasi masalah apapun yang datang di hidup kita.

Berikut ini beberapa manfaat dari mindfulness bagi kesehatan tubuh dan mental kita.

Meredakan gangguan kecemasan

Mindfulness mengaktifkan sistem parasimpatis, atau sistem “istirahat dan pencernaan” tubuh. Ketika sistem saraf parasimpatis diaktifkan, detak jantung dan tekanan darah akan turun, sehingga membantu kita untuk mengurangi perasaan cemas.

Membantu mengatasi kelelahan

Di masa seperti saat ini, kejenuhan adalah salah satu hal yang sering kita alami, dan umum dirasakan oleh dewasa. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Internet Research menemukan, bahwa mindfulness dapat mengurangi kelelahan, sinisme, kelelahan emosional, dan kecemasan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...