Menabung Untuk Traveling, Bagaimana Caranya?

Yudha Raditya
Kamis, 03 September 2015 09:24 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Kamis, 03 September 2015 09:24 WIB
Image Menabung Untuk Traveling, Bagaimana Caranya?

Jakarta - Terbatasnya uang kerap jadi kendala saat ingin traveling. Salah satu solusi dalam merencanakan dana traveling tentu saja dengan menabung. Tak sembarang menabung, ada beberapa pertimbangan demi mewujudkan cita-cita liburan.

Butuh keinginan kuat untuk menyisihkan uang jajan demi bisa traveling. Namun, bukan berarti itu sesuatu hal yang mustahil. Meski berstatus backpacker sekalipun, perjalanan seringkali memakan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang jelas ketika menabung untuk traveling.

Hal itu diungkapkan travel blogger sekaligus alumni program petualangan detikcom, Aku Cinta Indonesia (ACI) 2011, Farchan Noor Rachman. Menurut dia, memisahkan bujet traveling dengan tabungan lainnya adalah hal paling penting.

"Saya pakai tabungan rencana. Pengeluaran untuk traveling sudah ditarik setiap bulan dari rekening. Jadi

nanti ketika ingin traveling tinggal mencairkan tabungan tersebut.

Pengeluaran rutin tiap bulan, seperti pembayaran tagihan, belanja bulanan, itu semua tidak boleh tercampur dengan uang yang rencananya dialokasikan untuk traveling. Farchan sendiri cukup aktif melakukan perjalanan, baik dalam maupun luar negeri. Memiliki tabungan rencana, lanjutnya, juga merupakan dorongan agar melakukan traveling setiap bulan.

"Setiap bulan sudah ada tabungan untuk traveling, karena sudah dialokasikan," tambahnya.

Sama seperti Farchan, Anda juga bisa mendaftar tabungan rencana di bank. Namun jika hal itu dirasa rumit dan tidak efektif, coba saja pangkas uang jajan Anda tiap bulan dan alokasikan untuk traveling. Jika Anda punya rekening di 2 bank, simpan satu rekening khusus bujet traveling.

Menabung untuk traveling nyatanya tidak susah, hanya butuh keinginan yang cukup kuat. Coba hitung sendiri, terkadang, bujet perjalanan hampir sama dengan pengeluaran belanja dan makan sehari-hari lho!

Menyiapkan tabungan khusus untuk traveling, bisa dilakukan kita semua. Tabungan traveling hanya butuh satu syarat, komitmen diri sendiri untuk merencanakan dengan sungguh-sungguh keuangan untuk kegiatan liburan.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Hujan Abu dari Gunung Merapi Diperkirakan ke Arah Magelang

Reaksi Kamu