Menanti Sidang Perdana La Nyalla Matalitti

Menanti Sidang Perdana La Nyalla Matalitti

Kamis, 1 Sep 2016 | 16:31 | Rusmanto
WinNetNews.com - Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap tersangka La Nyalla Mahmud Mattalitti kemungkinan dilakukan Senin (5/9) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Kepastian itu menyusul rampungnya berkas dakwaan yang ditangani jaksa gabungan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Kejaksaan Negeri Surabaya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mohammad Rum menjelaskan pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor sudah dilakukan pada Kamis (25/8). Artinya, mantan Ketua Umum PSSI itu tinggal berhadapan dengan majelis hakim.

“Ada 10 JPU (jaksa penuntut umum) yang disiapkan, 6 di antaranya berasal dari Kejati Jatim dan sisanya dari Kejari Surabaya,” ujarnya.

Rum mengatakan JPU yang akan mengawal kasus itu termasuk Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim I Made Suarnawan dan Kepala Kejari Surabaya Didik Farkhan.

Tersangka yang menjabat Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim diduga menyelewengkan dana hibah Pemprov Jatim pada 2012 sebesar Rp5,3 miliar.

La Nyalla dijerat Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 55 dan 56 KUHP.

La Nyalla yang tersandung perkara dugaan tindak pidana korupsi dana hibah Pemprov Jawa Timur saat ini masih mendekam di Rutan Kejaksaan Agung (Cabang LP Salemba), Jakarta Selatan. Ia ditahan sejak kepulangannya dari Singapura pada Selasa (31/5).

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Maruli Hutagalung menambahkan jajarannya juga masih berupaya untuk merampungkan penyidikan perkara lain yang menyasar La Nyalla, yakni tindak pidana pencucian uang (TPPU).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...