Menara Pencakar Langit "Taipei 101" Rusak DiTerjang "Topan Dujuan"

Rani
Rani

Menara Pencakar Langit "Taipei 101" Rusak DiTerjang "Topan Dujuan"

WinGamers - Dua orang warga negara Taiwan meninggal akibat terjangan angin Topan Super Dujuan yang melanda wilayah Taiwan. Lebih dari itu, sebanyak 300 orang lainnya mengalami luka-luka akibat bencana alam tersebut.

image0

Dua orang tewas dalam peristiwa bencana Topan Dujuan di Taiwan (WinGamers/REUTERS/Pichi Chuang)

Angin topan yang melanda Taiwan pada hari Selasa (29/9) ini mengakibatkan kehancuran di wilayah utara negara tersebut. Hampir setengah juta warga Taiwan hidup tanpa aliran listrik usai terjangan angin Topan ini.

Dilaporkan bahwa angin topan yang disertai hujan deras ini memicu bencana tanah longsor, menumbangkan pepohonan, dan menhancurkan kaca jendela bangunan di wilayah yang diterjang angin topan itu. Sekitar 12000 orang dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Dilansir dari situs detikcom, Topan Dujuan yang masuk dalam kategori topan super ini mengejutkan warga setempat karena mencapai daratan Taiwan lebih awal dari perkiraan, yakni pada Senin (28/9) malam, di wilayah Yilan. Kategori topan ini diturunkan menjadi kategori topan sedang oleh Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan ketika mencapai daratan utama Taiwan.

"Diharapkan topan ini akan terus melemah dan jangkauannya semakin menurun," demikian pernyataan Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan.

Sekolah-sekolah dan gedung perkantoran di Taiwan terpaksa ditutup hingga Selasa (29/9) waktu setempat. Aktivitas pasar saham Taiwan juga diliburkan. Pada puncaknya, topan ini memutuskan aliran listrik ke sebanyak 2 juta rumah warga. Sejak Selasa (29/9) pagi, masih ada 498.458 rumah warga yang belum mendapat aliran listrik.

Parahnya lagi, menara pencakar langit ternama, Taipei 101 dilaporkan mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang dibawa topan Dujuan. Di Hsinchu City, sebuah crane terjatuh dari lantai 20 dan menimpa sejumlah mobil di bawahnya, namun belum ada laporan korban luka. Topan ini dilaporkan bergerak ke arah pantai timur China.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});