(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mencegah bau pada sepatu.

Liani
Liani

Mencegah bau pada sepatu.

Anda mungkin tidak bisa membasminya 100 persen, tetapi Anda bisa mengontrol bau tidak sedap tersebut.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips agar sepatu Anda tidak bau.

1. Pastikan tetap kering

"Cara terbaik untuk mencegah bau kaki adalah untuk menjaga kaki Anda kering," kata Rebecca Baxt, MD, seorang dokter kulit. Caranya dengan mengeringkan kaki dan jari-jari kaki Anda setelah mandi. Jangan lewatkan untuk mengoleskan kaki Anda dengan lotion anti jamur yang bisa membuat kaki Anda tetap kering sepanjang hari. Selain itu, manfaat menggunakan lotion anti jamur bisa menangkal jamur pada sepatu yang menjadi penyebab bau.

2. Pakai kaos kaki

Ya, memang memakai kaos kaki membuat tampilan Anda tidak fashionable. Namun, untuk menghindari bau tidak sedap, Anda wajib memakai kaos kaki. Peran kaos kaki sangat penting sebab bisa menyerap keringat kaki Anda secara alami dan membuat kaki Anda tetap terlindungi.

3. Taburkan bedak

Menurut Rebecca, penting untuk menaburkan bedak bayi pada bagian dalam sepatu Anda sebelum dan sesudah memakainya. Dan juga jangan biarkan sepatu Anda berada terlalu lama di dalam lemari, sama seperti Anda, sepatu juga membutuhkan angin segar agar mengurangi kelembapan di dalamnya.

4. Gunakan alkohol

Apabila kaki Anda bau dan ditambah dengan jari-jari yang membengkak Anda harus segera mengelap sepatu dengan alkohol untuk memusnahkan bau dan bakteri. Alkohol mengandung antiseptik yang bisa mengeringkan sepatu dengan cepat. Dengan air alkohol ini, Anda bisa membunuh dengan mudah semua bakteri di dalam sepatu.

5. Keringat berlebihan

Nah, hati-hati jika Anda masih saja memiliki keringat kaki yang cukup berlebihan atau tidak normal, maka Anda perlu memeriksakan diri pada dokter kulit dan meminta resep anti keringat padanya. Biasanya resep anti keringat itu berbentuk rol bola yang khusus diformulasikan untuk mengurangi jumlah keringat pada kaki Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});