Mencegah Penyakit Hepatitis, Ini Caranya

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Mencegah Penyakit Hepatitis, Ini Caranya
WinNetNews.com - Penyakit Hepatitis menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia. Penyakit  ini dapat menyebabkan penyakit liver akut maupun kronis dan membunuh hampir 1,4 juta orang setiap tahun.

Melihat besarnya epidemik dari penyakit ini membuat setiap orang berisiko tinggi. Tapi kita masih bisa mencegahnya dengan memahami bagaimana masing-masing jenis hepatitis (A, B, C, D, dan E) bisa menyebar. Berikut caranya sebagaimana dilansir dari Zeenews, Jumat (29/7).

Biasakan hidup bersih

Virus hepatitis A and hepatitis E dikeluarkan orang yang terinfeksi melalui feses. Kita dapat tertular virus tersebut jika mengonsumsi air dan makanan yang terkontaminasi. Jadi, mempraktikkan gaya hidup bersih bisa menjadi faktor kunci untuk mencegah penularan hepatitis.

Baca Juga: Benarkah Hepatitis Bisa Menular?

Jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain

Hepatitis tipe B and C ditransfer melalui darah dan berbagai bentuk cairan darah. Tidak berbagi pakai jarum, pisau cukur, sikat gigi, dan menyentuh bekas darah bisa mencegah kita dari tertular virus hepatitis.

Praktikan seks aman

Hepatitis B and C bisa ditularkan melalui jalur seksual. Dengan demikian, menggunakan kondom atau mempraktikkan seks aman secara umum adalah hal terpenting yang harus dilakukan mereka yang terinfeksi.

Jangan lewatkan imunisasi

Imunisasi rutin dilakukan sejak anak-anak untuk mencegah hepatitis B. Imunisasi hepatitis juga sebaiknya dilakukan saat sedang travelling, seperti vaksin untuk hepatitis A dan B. Hindari alkohol dan obat-obatan Minum alkohol bisa meningkatkan risiko perkembangan penyakit liver. Jika anda pecandu alkohol, kurangi sedikit demi sedikit. Selain itu, hindari konsumsi obat-obatan terlarang dan suplemen herbak untuk mencegah hepatitis.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});