Mendagri Terbitkan Instruksi, Kepala Daerah yang Langgar Prokes Bisa Dicopot
Foto: detikcom

Mendagri Terbitkan Instruksi, Kepala Daerah yang Langgar Prokes Bisa Dicopot

Kamis, 19 Nov 2020 | 09:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan segera mengeluarkan instruksi penegakan protokol kesehatan kepada kepala daerah untuk mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19).

Instruksi tersebut dikeluarkan sebagai respons atas reaksi kerumunan massa yang belakangan terjadi.

Tito mengatakan, dalam instruksi tersebut nantinya tak menutup kemungkinan kepala daerah, baik gubernur, bupati, dan wali kota diberhentikan dari jabatannya jika diketahui melakukan pelanggaran.

"Saya sampaikan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengindahkan instruksi ini karena ada risiko menurut UU. Kalau UU dilanggar dapat dilakukan pemberhentian," kata Tito dalam rapat di Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11).

Instruksi yang telah ditandatanganinya itu kemudian langsung dibagikan kepada seluruh kepala daerah. 

Tito menekankan, pemberhentian kepala daerah yang melanggar instruksi tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ia meminta agar seluruh kepala daerah dapat disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayahnya masing-masing. Tito menyebut kepala daerah harus mengedepankan pencegahan dibandingkan penindakan.

Kepala daerah, lanjut Tito  juga harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tak ikut dalam kerumunan.

"Saya meminta kepala daerah untuk menjadi teladan mematuhi protokol kesehatan, termasuk tidak ikut dalam kerumunan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan," ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...