Mendekati Hari Raya Idul Adha, Jemaah Calon Haji Mulai Memasuki Makkah
gerbang kota Makkah/photo: istimewa

Mendekati Hari Raya Idul Adha, Jemaah Calon Haji Mulai Memasuki Makkah

Senin, 7 Agt 2017 | 06:44 | Rusmanto

WinNetNews.com - Jemaah haji Indonesia mulai digeser dari Madinah ke Makkah. 380-an Jemaah Embarkasi Medan merupakan rombongan pertama yang tiba di pusat aktivitas haji itu.

Para jemaah dari Madinah ke Makkah diangkut dengan menggunakan bus. Mereka dijemput ke hotel yang berada di Masjid Nabawi, kemudian menuju Bir Ali untuk miqat (rukun haji yakni dengan berniat dan mengenakan ihram), dan berangkat ke Makkah. Waktu tempuh dari Madinah ke Makkah antara 6-7 jam.

Rombongan tiba di Makkah pada Minggu (7/8/2017). Setelah Medan, disusul rombongan Embarkasi Solo, Jakarta, Surabaya, dan lain-lain. Hingga hari ini, lebih dari 4 ribu jemaah di Mekah.

Acara penyambutan jemaah dilakukan petugas haji dan pihak pemondokan. Ada raut haru di wajah jemaah. Selain seremoni, juga ada pengecekan kesehatan jemaah.

Kepala Daerah Kerja Makkah, Nasrullah Jasam mengatakan pemondokan dan fasilitas untuk jemaah haji telah siap. "Rombongan pertama (Embarkasi Medan) ditempatkan di Sektor 6," katanya.

Untuk saat ini hingga beberapa hari ke depan, jemaah dari Madinah digeser ke Makkah secara bergelombang. Pada saat bersamaan, jemaah dari Tanah Air masih berdatangan ke Madinah. Jemaah yang langsung terbang dari Tanah Air ke Jeddah (Mekah) atau gelombang kedua baru dilakukan pada Sabtu, 12 Agustus mendatang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...