Mendengar Lagu Galau Saat Sedih Bisa Merasa Lebih Baik Loh, ini Alasannya
Ilustrasi sedang mendengarkan musik ( Photo shutterstock )

Mendengar Lagu Galau Saat Sedih Bisa Merasa Lebih Baik Loh, ini Alasannya

Sabtu, 16 Nov 2019 | 17:58 | Muchdi

Winnetnews.com - Pada 2014, sekelompok ilmuwan melakukan survei online dan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Ternyata, mendengarkan musik galau disaat kita merasa sedih sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan emosional.

Studi baru lainnya yang dilakukan pada 2019 dan yang menbali mengangkat topik ini, membuktikan bahwa orang yang depresi lebih suka musik sedih dibandingkan dengan lagu-lagu bahagia, karena mereka percaya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dikutip dari Brightside, ini lah 5 alasan, mengapa mendengarkan musik galau bisa bermanfaat untuk emosional dan membuat kita merasa lebih baik.

1. Menempatkan Diri pada Suasana Hati yang Melankolis

Musik galau biasanya bisa mengaitkan kita dengan masa lalu, seperti kencan pertama dengan mantan atau memori manus saat masa kecil.

Penelitian menunjukan bahwa, alih-alih membawa perasaan bahagia atau sedih, lagu-lagu galau malah membuat kita menjadi nostalgia. Nostalgia adalah emosi pahit yang menginspirasi imajinasi dan memberi perasaan nyaman dengan membangkitkan kenangan hangat dari masa lalu.

2. Memberi Kesenangan

Ternyata kesedihan yang ditimbulkan oleh musik sebenarnya bisa menyenangkan. Untuk ini, menurut para ilmuwan, musik sedih harus memenuhi 3 kriteria - itu harus dianggap sebagai tidak mengancam, menyenangkan secara estetika, dan mengingatkan kalian tentang peristiwa masa lalu.

3. Mencerminkan Perasaan Diri Sendiri

Poin lain dari psikologi sosial adalah bahwa orang-orang suka mendengarkan musik yang mencerminkan nada situasi yang mereka hadapi. Dalam hal ini, lagu-lagu sedih cocok untuk suasana hati diri sendiri - mereka beresonansi, membantu kalian merasakan bahwa kalian tidak sendirian ketika mengalami sakit dan duka di dunia ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...