Menelusuri Megahnya Klenteng Sam Po Kong Semarang

Menelusuri Megahnya Klenteng Sam Po Kong Semarang

Senin, 1 Agt 2016 | 16:20 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Masih ingat dengan sejarah kedatangan Laksamana Cheng ho? Seorang laksamana besar China yang beragama muslim. Pernah mendatangi Indonesia sebanyak 7 kali. Dan mengakhiri perjalanannya di Semarang, Jawa Tengah dengan menggunakan kapal.

Bukti kehadirannya di Semarang adalah pada bangunan klenteng yang megah, Klenteng Sam Po Kong. Klenteng ini sangat terkenal bagi masyarakat etnis Tionghoa di sana.

image0

Klenteng Sam Po Kong juga menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho ketika berada di Semarang. Tidak hanya itu saja, bangunan ini juga berfungsi sebagai tempat beribadah Umat Kong hu Cu ini terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. 

Selain sebagai tempat sembahyang, Klenteng Sam Po Kong juga menjadi tempat berwisata. Jadi tidak semua tempat bisa dimasuki oleh para wisatawan.

image1

Yang lebih hebatnya lagi, bangunan klenteng Sam Po Kong adalah klenteng paling cantik di Indonesia. Maka dari itu jangan heran kalau Klenteng Sam Po Kong menjadi tujuan wisata yang paling dikenal dunia. Terlebih lagi saat hari – hari besar dan hari kelahiran Cheng Ho, banyak wisatawan asing dan tentu saja masyarakat China mendatangi klenteng tersebut, karena biasanya akan mengadakan perayaan disertai dengan arak-arakan, bazaar, dan festival Barongsai.

image2

Jika kamu menelusuri lebih dalam lagi, klenteng ini memiliki Gua Batu Besar yang menyerupai bangunan klenteng. Masyarakat sana menyebutnya Gedung Batu. Kini bangunan tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah masyarakat Kong Hu Cu. Bahkan di Klenteng ini juga terdapat makam pengemudi kapal Laksamana Cheng Ho. 

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...