Menerapkan Pendidikan Seks Sejak Dini Itu Perlu Loh

Menerapkan Pendidikan Seks Sejak Dini Itu Perlu Loh

Wingamers – Sebagian orangtua pendidikan seks untuk anak masih dianggap tabu. Padahal, pendidikan seks penting diajarkan kepada anak.

Psikolog, Vera Itabiliana, mengatakan bahwa Pendidikan seks sebaiknya diajarkan sebelum masa pubertas. Malah seharusnya sejak dini. Sebenarnya setiap keluarga sudah mengarkan tentang edukasi seks kepada anak seperti cara pipis bagaimana, cara bersihinnya gimana, terus ini namanya penis, ini vagina. Itu sudah termasuk edukasi seks bagi anak usia dini.

Menurutnya juga semakin umur bertambah, pendidikan seks juga tetap perlu diberikan kepada anak dengan cara menambah dan menyadari apa yang perlu diketahui sesuai umurnya. Banyak anak remaja masa kini yang menonton film porno dengan dalih pendidikan seks. Tak sedikit pula remaja yang melakukan seks bebas hingga hamil di luar nikah. Semua itu akibat kurangnya pengetahuan orang-orang tentang pendidikan seks yang benar.

Vera menegaskan cara yang paling bagus dalam melakukan pendidikan seks adalah dengan mengobrol. Ngobrolnya, ya sama orang tua, karena setiap keluarga punya cara pandang dan budaya berbeda.