Skip to main content

Mengaku Terkena Katarak, Dokter Malah Temukan 27 Lensa Kontak di Mata! Bahaya Banget!

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Beberapa wanita menggunakan lensa kontak, entah tujuannya hanya untuk tampil cantik, atau memang kebutuhannya. Tapi dari cerita ini, semoga para wanita yang pakai lensa kontak untuk "gegayaan" agar cepat sadar.

Seorang wanita berusia 67 tahun, dijadwalkan menjalani operasi katarak di Solihull Hospital di West Midlands. Namun, sebelum operasi, ahli bedah menemukan sesuatu yang benar-benar mengerikan.

Ada 17 lensa kontak ditemukan di mata pasien dan telah menyatu. Menurut laporan Optometri Today, masalah ini sebagai "massa kebiruan."

Agar keadaan tak memburuk, pada pemeriksaan kedua, 10 lensa kontak lainnya ditemukan di mata yang sama, sehingga totalnya menjadi 27. Hebatnya, pasien tidak menyadari adanya lensa yang hilang dan mengira ketidaknyamanan itu mungkin terjadi karena usia tua atau mata kering.

Tim yang bekerja dalam operasi tersebut, yang termasuk ahli mata yang sudah peunya pengalaman selama 20 tahun, mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat hal ini sebelumnya.

"Itu adalah massa yang sangat besar, 17 lensa kontak saling menempel. Kami benar-benar terkejut bahwa pasien tidak menyadarinya karena akan menyebabkan iritasi. Karena dia telah menyimpan lensa kontak ini di matanya untuk jangka waktu yang tidak diketahui, jika kami melakukan operasi, dia pasti memiliki banyak bakteri di sekitar konjungtivanya." katanya Ibu Rupal Morjaria, seorang trainee spesialis, mengatakan kepada Optometry Today.

Tentu saja, operasi yang dijadwalkan malah dibatalkan karena pasien mengalami peningkatan risiko endophtalmitis.

Pasien yang dimaksud telah memakai lensa sekali pakai selama 35 tahun, namun belum pernah bertemu ahli kacamata reguler. Meskipun demikian, penilaian pra-operasinya tidak melaporkan gejala yang biasanya terkait dengan lensa yang hilang.

"Dia cukup terkejut, ketika dia melihat dua minggu setelah saya melepas lensa yang dia katakan, matanya terasa lebih nyaman, dia merasa ketidaknyamanannya sebelumnya, menurutnya ini hanyalah bagian dari usia tua dan mata kering." kata Morjaria.

Henry Leonard, petugas klinis dan peraturan di Association of Optometris menambahkan bahwa kasus tersebut mencontohkan pentingnya pemakai lensa kontak yang mencari perawatan profesional secara teratur untuk menghindari ketidaknyamanan atau infeksi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top