Menganyam Ketupat Jelang Berbuka Puasa

Muchdi
Muchdi

Menganyam Ketupat Jelang Berbuka Puasa
WinNetNews.com - Ada banyak hal dapat dilakukan menunggu waktu berbuka puasa. Di Yogyakarta, seorang seniman bernama Asep Maulana Hakim menggelar pelatihan membuat ketupat sembari menunggu beduk magrib.

Pelatihan itu merupakan rangkaian pembukaan pameran tunggal Asep Maulana Hakim bertajuk 'Seribu Makna Ketupat', di galeri Tirana House. Setidaknya, ada 15 jenis anyaman ketupat diajarkan kepada peserta latihan menggunakan janur.

"Saya ingin memberitahukan pada publik bahwa ketupat itu banyak jenisnya. Karena menganyam ketupat adalah kebudayaan kita," ujar Asep saat ditemui, seperti di kutip dari situs Merdeka, di tulis Minggu 19 Juni 2016.

Asep mengatakan, dalam setiap jenis anyaman ketupat memiliki tingkat kesulitan berbeda. Dia mengajarkan kepada peserta pelatihan menganyam dengan menggunakan jenis ketupat Bawang dan Lebaran.

"Selain karena ini mau memasuki momen lebaran, teknik menganyam ketupat Bawang dan Lebaran bisa menjadi dasar ilmu agar bisa naik ke tingkat yang lebih sulit," ujar Asep.

 

Selain mengajarkan soal teknis menganyam ketupat, Asep memberikan penjelasan mengenai sejarah, filosofi, dan makna ketupat. Ketupat memiliki fungsi dan makna yang berbeda pada setiap jenisnya.

"Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan atau minta maaf," ucap Asep.

Salah satu peserta pelatihan, Martini, mengaku mengikuti karena penasaran ingin bisa menganyam ketupat secara mandiri. Martini menyatakan sejak kecil diajari pendidikan menganyam berbagai pernak-pernik.

"Ini sekarang saya sudah berhasil bisa membuat ketupat jenis Bawang dan Lebaran. Keluarga saya mewajibkan bikin ketupat sendiri," kata Martini.

Martini juga mengaku keterampilan menganyam bermacam-macam jenis ketupat ini akan diterapkan pada bisnis dekorasi miliknya.

"Keterampilan menganyam ini bisa untuk mengembangkan usaha saya di bidang dekorasi dan membingkai kotak gado," ungkap Martini.

sumber: Merdeka


Apa Reaksi Kamu?