Skip to main content

Mengapa Aroma Tubuh Bayi Begitu Menyenangkan?

Mengapa Aroma Tubuh Bayi Begitu Menyenangkan?
Mengapa Aroma Tubuh Bayi Begitu Menyenangkan?

WinNetNews.com - Aroma tubuh bayi baru lahir itu begitu disukai. Tak cuma ibu atau ayahnya saja yang sulit menahan godaan mencium bayi, kakak, dan saudara-saudara lain pun iya. Lalu, mengapa ya aroma tubuh bayi begitu menyenangkan?

Diambil dari Liputan6, Aroma tubuh bayi yang khas menurut para ilmuwan disebabkan oleh kelenjar keringat mereka. "Salah satu teori mengatakan aroma tubuh yang menyenangkan itu berasal bahan kimia yang berasal dari kelenjar bayi baru lahir," tutur analis kimia dari Monell Chemical Senses Center di Philhadelphia, Amerika Serikat, George Preti.

Alasan lain mengapa aroma tubuh bayi begitu menyenangkan yaitu karena metabolismenya. Pada saat baru lahir, asupan makanan bayi hanya berasal dari ASI saja. Namun, setelah ia mulai makan dan minum yang lain, aroma tubuhnya mulai berbeda seperti mengutip Women's Health.

Bisa juga, aroma tubuh bayi yang khas tersebut karena lapisan putih pada kulit bayi baru lahir. Meski beberapa hari kemudian bayi mandi dan secara perlahan lapisan tersebut lepas, aroma wangi khasnya masih tertinggal.

Apa pun alasan di baliknya, Preti meyakini aroma tubuh bayi yang menyenangkan ini merupakan cara alam agar orangtua makin jatuh cinta pada si mungil ini.

"Aroma tubuh bayi membantu ibu menyadari kehadiran anak dan bisa membuat ikatan yang dekat dengan buah hati," kata Preti.

Hal ini terbukti lewat studi yang menunjukkan ketika ibu mencium aroma tubuh bayi, itu membuat rasa senang di otak "menyala". Hal ini membuat si ibu ingin menghabiskan waktu berlama-lama mengurus buah hatinya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top