Mengapa Hari Batik Nasional Diperingati Setiap Tanggal 2 Oktober?

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Mengapa Hari Batik Nasional Diperingati Setiap Tanggal 2 Oktober? Ilustrasi: National Geographic Indonesia

Winnetnews.com - Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tepat pada hari ini, Rabu (02/10), pemerintah memberikian imbauan kepada masyarakat untuk mengenakan batik. Namun tahukah kamu mengapa hari batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober?

Sejarah Hari Batik Nasional diakui pertama kali pada sidang Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada agenda sidang tersebut, batik secara resmi dimasukkan ke dalam daftar Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Sebelum batik dimaksukkan, warisan budaya lain Indonesia yang sudah terdaftar diantaranya adalah keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia.

Muhammad Nuh (foto: Viva)

Ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan dunia ini kemudian menginspirasi pemerintah Indonesia untuk menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal 2 Oktober tersebut menurut Muhammad Nuh, yang pada waktu itu menjabat sebagai Menteri Ad-Interim Kebudayaan dan Pariwisata, membuktikan bahwa batik telah diakui secara internasional.

“Pengakuan UNESCO terhadap batik merupakan sebuah proses panjang melalui serangkaian pengujian dan sidang tertutup. Sebelumnya, pada 11-14 Mei 2009, telah dilaksanakan sidang tertutup penentuan di hadapan enam negara di Paris,” ungkap Muhammad Nuh pada 2009 silam.

Presiden SBY dan Ibu Ani (foto: Tempo.co)

Pasca mendapatkan pengakuan dari UNESCO, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden (Keppres) tentang Hari Batik Nasional yang tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009.

Sepuluh tahun usai penetapan batik secara internasional, Hari Batik Nasional tahun ini kembali digelar dengan berbagai perayaan unik. Salah satunya adalah acara yang akan digelar oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang akan dilaksanakan pada Hari Batik 2019 di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (02/09). Dalam acara ini, Jokowi dan Iriana akan membatik bersama 500 warga Solo.

Apa Reaksi Kamu?