Mengapa Kita Suka Buat Resolusi Tahun Baru? Ini Penjelasan Secara Psikologisnya!
Ilustrasi: Hapy New Year 2020

Mengapa Kita Suka Buat Resolusi Tahun Baru? Ini Penjelasan Secara Psikologisnya!

Rabu, 1 Jan 2020 | 19:37 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Kebanyakan dari kita tentu punya resolusi ketika menyambut pergantian tahun. Adanya resolusi ini biasanya kita ungkapkan lewat media sosial. Keinginan setiap orang dalam mencapai resousi mereka juga bisa dikatakan sangat beragam.

Menurut Psychology Today, resolusi merupakan janji kepada diri sendiri mengenai sebuah perencanaan yang harus dipenuhi di masa depan. Janji ini juga bisa didasarkan pada kebutuhan emosi. Namun kebanyakan resolusi dibuat berdasarkan keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik..

Sayangnya, eksekusi dari resolusi ini seringkali dinilai buruk. Banyak orang yang justru menunda pelaksanaan resolusi tahun baru. Mereka cenderung membuat resolusi sebagai ajang pamer unggahan yang ujungnya tidak terkejar sama sekali.

Kebanyakan orang juga cenderung muluk-muluk dalam mencanangkan resolusi. Banyak di antara mereka yang mencanangkan resolusi dari tahun sebelumnya, namun belum terlaksana, namun sudah ingin mencoba resolusi baru.

Menurut Psychology Today, hal ini disebabkan karena ada perasaan gembira yang tidak bisa tertunda. Secara psikologis, kamu melihat dirimu sendiri dan merasa harus ada yang dibenahi di masa mendatang. Otakmu akan menciptakan stres karena harus ada perubahan dalam dirimu di masa mndatang.

Jadi karena itulah kamu kerap membuat resolusi di tahun baru, dengan berbagai jenis perencanaan untuk membuat hidup menjadi lebih baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...