(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengapa Kopi Selalu Ditemani Makanan Manis Ya?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Mengapa Kopi Selalu Ditemani Makanan Manis Ya? Foto: Pexels

WinNetNews.com - Sering minum kopi dengan ditemani camilan manis? Apa pengaruh rasa manis pada kopi?

Kini penelitian baru telah memberikan bukti bahwa ada alasan kuat mengapa kopi dan rasa manis selalu berdampingan.

Kafein dapat mengubah rasa manis yang kamu rasakan, membuatu menginginkan lebih banyak makanan manis daripada biasanya setelah secangkir kopi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menunjukkan.

Para periset mendistribusikan kopi berkafein dan kopi tanpa kafein ke dua kelompok relawan, tidak ada yang tahu jenis kopi yang mereka berikan.

Kedua kelompok diminta menambahkan gula ke minuman mereka dan kemudian menilai rasa manisnya.

Mereka yang minum kopi berkafein menganggapnya kurang manis dibanding peminum tanpa kafein.

Peserta kemudian diminta untuk menilai kewaspadaan mental mereka dan memperkirakan berapa banyak kafein yang ada dalam minuman mereka.

Terlepas dari apakah mereka minum kafein atau tidak, para sukarelawan semua mengatakan bahwa mereka mengalami dorongan kewaspadaan yang sama dan hanya sedikit yang dapat secara akurat menentukan tingkat kafein dalam minuman mereka.

Namun, penelitian ini juga membuktikan bahwa minum kopi memberi efek plasebo dimana meminumnya memberi kita lompatan energi yang sama, entah mengandung kafein atau tidak.

Hubungan antara selera dan rasa kewaspadaan kita berasal dari bahan kimia di otak kita yang dikenal sebagai adenosine, yang memungkinkan kita menenangkan saraf dan tertidur di malam hari.

Kafein menghalangi reseptor di otak yang mengikat adenosin dan oleh karena itu membuat kita merasa seperti kita lebih waspada.

Efeknya tidak bertahan lama, juga tidak berdampak pada selera kita.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});