Mengapa Orang Bisa Memiliki Selera Tertentu Ketika Jatuh Cinta? Begini Penjelasan Ilmiahnya
Ilustrasi: bonobology.com

Mengapa Orang Bisa Memiliki Selera Tertentu Ketika Jatuh Cinta? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Minggu, 8 Des 2019 | 10:35 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Setiap insan tentu memiliki kriteria yang berbeda-beda jika menyangkut seseorang yang disukai. Meski terjadi secara alami, namun pernahkah mau bertanya-tanya mengapa seseorang bisa teratrik pada jenis orang tertentu? Mengapa temanmu harus suka pada D dan bukannya F?

Hal ini sebenarnya tidak mengejutkan jika dijelaskan secara scientific. Semua ini dikarenakan adanya pengaruh dari sistem limbik, bagian primitif otak yang berfungsi untuk mengatur berbagai kondisi seperti kelaparan dan rasa suka terhadap seseorang.

Ketika bertemu dengan pasangan yang kamu anggap potensial, bagian otak yang juga disebut dengan hipotalamus tersebut akan memicu pelepasan neurotransmitter, semacam hormon dopamine dan serotonin yang menyebabkan si empu merasakan sensasi ketertarikan fisik yang sering berujung perasaan suka dan cinta.

image0
Ilustrasi: bonobology.com

Hal ini didukung oleh pernyataan dari antropolog sekaligus ahli biologi dari The Kinsey Institute, HeleN Fisher, Ph.D. Dalam buku 'Mind and Body Gree', Helen menjelaskan bahwa seringkali orang membentuk kesan pertama dalam tiga menit pertama saat memandang orang lain. Di saat itulah otak memproses banyak hal yang bisa memicu munculnya ketertarikan pada orang tertentu.

Umumnya, orang cenderung suka dengan orang yang mirip dengan diri mereka atau orang yang memiliki kesamaan dengan orang-orang yang dekat dengan mereka, seperti orangtua, kakak, adik, atau mantan pasangan. Secara tidak sadar hormon akan aktif dan mengindentifikasi orang tertentu yang memiliki kesamaan dengan orang yang akrab dengan kita.

Jadi sebenarnya bukan hal yang mengejutkan jika seseorang memiliki ketertarikan dengan orang yang berbeda-beda. Jadi kamu tidak boleh menghakimi preferensi seseorang terhadap orang lain berdasarkan seleramu ya!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...