Mengapa Orang Mau Berbohong? Apakah Takut Kebenaran?
Foto: Istimewa

Mengapa Orang Mau Berbohong? Apakah Takut Kebenaran?

Sabtu, 18 Feb 2017 | 12:19 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Berbohong biasanya dilakukan untuk menghindari konsekuensi atas tindakan mereka. Kita semua belajar tentang "bohong demi kebaikan" dari usia muda, mengajarkan bahwa kita menceritakan ketidakbenaran kecil untuk menjaga perasaan orang lain. Tapi kenapa kita harus melakukan ini?

The School of Life atau Sekolah Kehidupan menjelaskan, sementara menyalahkan George Washington sendiri untuk obsesi masyarakat dengan ide kejujuran, bahwa bohong demi kebaikan sebenarnya benar, dalam hati. "Ini menceritakan kesetiaan kepada kebenaran yang lebih besar ... yang akan terancam oleh pengungkapan penuh," katanya dalam video. "Kebenaran yang besar harus melewati ke dalam pikiran orang lain melalui dusta kecil." tambahnya.

Hubungan ini terjadi karena manusia begitu tidak aman: "Kami tidak ingin mengakui kerapuhan pikiran kita sendiri" katanya.

Berbohong sangat tertanam dalam masyarakat. Psychology Today mengatakan orang bisa berbohong setiap hari, "hampir sesering mereka makan makanan ringan dari kulkas atau sikat gigi. ... Selama seminggu mereka menipu sekitar 30 persen orang dengan siapa mereka berinteraksi satu-satu "Mereka berbohong yang sebenarnya dimaksudkan untuk menipu, apakah mereka adalah berbohong demi kebaikan atau lebih besar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...