Mengapa Tubuh Mudah Capek Memasuki Usia 30 Tahun?
Ilustrasi: Insider

Mengapa Tubuh Mudah Capek Memasuki Usia 30 Tahun?

Rabu, 1 Jan 2020 | 18:05 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Memasuki usia 30an, tubuh kita akan rentan mengalami kelelahan. Hal ini bisa dibilang sedikit aneh karena kita cenderung tidak melakukan aktivitas yang berat. Mengapa bisa demikian?

“Kelelahan pada usia produktif bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah terlalu banyak beraktivitas sehingga lupa istirahat. Tidur kurang juga menjadi salah satu tanda tubuh tidak sehat. Kurang makan atau asupan kalori bisa menjadi salah satunya juga,” kata dr. Muliaman Mansyur, dilansir dari Detik Health.

Selain itu, dr. Muliaman menjelaskan bahwa hal ini juga bisa disebabkan oleh tubuh yang mengalami penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh. Peristiwa ini membuat otot bekerja lebih capek dan akhirnya berimbas terhadap kondisi tubuh yang cepat lelah.

“Ketika memasuki usia 30, beberapa organ juga mengalami penurunan fungsi. Salah satu yang paling signifikan mengalami penurunan adalah darah dan jantung. Pembuluh darah akan jadi lebih kaku sehingga jantung harus bekerja super keras,” lanjut dr. Muliaman.

Lebih lanjut, ketika memasuki usia 30 tahun, orang akan cenderung terkena risiko osteoporosis yang terjadi di tulang sehingga sering menimbulkan nyeri sendir.

Oleh karena itu, dr. Muliaman menyarankan untuk mencegah tanda-tanda kelelahan ini dengan selalu menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat.

“Contohnya adalah dengan banyak minum air putih, hindari stres kronis, tetap berolahraga 30 menit sehari, konsumsi makanan bergizi seperti protein, kalsium, omega 3, dan omega 6,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...