Mengatasi Sakit Pinggang yang Biasanya Terjadi pada Wanita
ilustrasi

Mengatasi Sakit Pinggang yang Biasanya Terjadi pada Wanita

Kamis, 12 Mar 2020 | 05:57 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Siapa yang tidak pernah mengalami sakit pinggang? Baik pria dan wanita pasti pernah mengalami seperti apa rasanya sakit pinggang setidaknya sekali seumur hidup. Ada banyak hal yang menyebabkan sakit pinggang, misalnya otot menegang atau kram setelah beraktivitas berat. 

Kebanyak dari penyebabnya bersifat ringan dan sementara. Namun, Anda para wanita harus lebih waspada. Beberapa kondisi penyebab sakit pinggang pada wanita muda dapat bersifat nyeri kronis yang mungkin menghambat aktivitas.

Berbagai penyebab sakit pinggang pada wanita

Sakit pinggang dapat menggangu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda tergolong orang yang aktif dan berkegiatan cukup padat.

Nyeri yang dirasakan dapat bermula dari bagian samping dan belakang rusuk di salah satu sisi tubuh, kemudian menyebar bagian depan perut sampai ke punggung bawah.

Berikut beberapa penyebab sakit pinggang pada wanita muda yang perlu Anda ketahui:

1. Nyeri haid

The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa nyeri haid (dismenore) adalah penyebab sakit pinggang yang paling sering terjadi pada perempuan dan wanita muda.

Nyeri pinggang akibat haid terjadi karena adanya kontraksi pada rahim yang sedang meluruhkan jaringannya, serta peningkatan kadar prostaglandin yang memicu rasa sakit.

Dismenore dapat membuat Anda merasakan kram pada perut yang menyebar sampai pinggang dan bawah kaki.

2. Infeksi saluran kemih

Saluran kemih dapat terinfeksi oleh bakteri yang masuk dari saluran pencernaan atau dari anus kemudian menyebar sampai kandung dan saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab sakit pinggang yang cukup umum terjadi pada pria dan wanita muda. Namun, kondisi ini memang lebih sering menyerang wanita karena saluran uretra mereka lebih pendek dan lebih dekat dengan anus.

Maka dari itu, bakteri jadi lebih mudah masuk dan menginfeksi sehingga menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita muda. Rasa sakitnya bisa bermula dari bagian bawah perut, dan menyebar ke pinggang dan sekitar kemaluan.

3. Nyeri sciatica

Nyeri sciatica adalah rasa sakit yang muncul akibat saraf sciatica di punggung bawah mengalami kerusakan atau terjepit. Nyeri ini umum menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita muda, dan terutama yang sedang hamil.

Nyeri sciatica disebabkan oleh piringan sendi yang menonjol ke tulang belakang dan menambah tekanan pada saraf. Hal ini membuat nyeri pada punggung bagian bawah yang terasa sampai ke pinggang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...