Mengenal 6 Jenis Benjolan di Area Vagina
Sumber: Unsplash

Mengenal 6 Jenis Benjolan di Area Vagina

Minggu, 27 Okt 2019 | 13:38 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Area vagina merupakan salah satu wilayah terpenting bagi seorang wanita. Saat menyadari hadirnya benjolan pada area tersebut, kita cenderung akan berpikir apakah ini hanya jerawat atau bahkan tanda penyakit lain yang berbahaya. 

Bejolan yang muncul di sekitar labia mayora atau labia monora, sering dianggap sebagai jerawat dan akan hilang sendirinya. Faktanya, ada beberapa jenis benjolan yang berpotensi muncul di area kewanitaan, karena sebab tertentu. Dilansir dari Cosmopolitan, berikut ini adalah beberapa jenis benjolan yang sering ditemui di area vagina.

Vulvar acnes
Jerawat ini disebabkan oleh hormon, produksi minyak berlebih, hingga bakteri. Bentuk vulvar acnes ini umumnya berbentuk seperti jerawat pada umumnya, dengan warna kemerahan, berukuran 1-5 cm di area epidermis, serta rasa sakit saat menyentuhnya. Kamu bisa mengatasinya dengan mengompres jerawat tersebut dengan air hangat dicampur tea tree oil.

Kista kelenjar bartolin
Meskipun namanya cukup seram, namun kista kelenjar bartolin ini sebenarnya tidak berbahaya. Biasanya akan berbentuk seperti benjolan yang disebbakan oleh infeksi bakter di area kelenjar bartolin, yakni kelenjar yang menghasilkan cairan pelumas untu area luar miss V. Biasanya benjolan ini akan muncul dan hilang dengan sendirinya.

Folliculitis
Jenis benjolan ini biasanya akan muncul saat kamu selesai mencukur rambut kemaluan. Folliculitis tumbuh pada jaringan folikel rambut yang terinfeksi bakteri dan rusak pada saat dicukur atau waxing. Benjolan ini adalah hal yang wajar dan bisa dihilangkan sendiri. Namun, kamu juga bisa mencampurnya dengan salep antibiotik, agar terasa nyaman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...