Mengenal Anemia Rash atau Ruam pada Kulit dan Penyebabnya
ilustrasi

Mengenal Anemia Rash atau Ruam pada Kulit dan Penyebabnya

Selasa, 30 Jun 2020 | 10:01 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Anemia didefinisikan sebagai kondisi kesehatan ketika tingkat sel darah merah dalam darah berada dalam angkat yang rendah. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan anemia tapi dampaknya pada tubuh tetap sama, yaitu jumlah sel darah merah yang rendah. Selain itu, Anda mungkin belum mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis dan gejala anemia yang dialami dapat terjadi. Salah satunya adalah rash atau ruam. Meski bukan istilah medis, ruam pada pengidap anemia dikenal juga dengan sebutan anemia rash.

Mengenal anemia rash dan penyebabnya

Anemia rash atau ruam adalah kondisi pada kulit (ruam) yang terjadi pada pengidap anemia sebagai salah satu gejalanya. Terkadang, ruam tidak hanya muncul pada pengidap anemia akibat kondisi atau jenis dari anemia itu sendiri, tapi dapat juga terjadi akibat komplikasi dari pengobatan.

Ruam akibat anemia aplastik

Terdapat beberapa jenis anemia dan satu di antaranya adalah anemia aplastik. Apabila Anda mengidap anemia aplastik, tak hanya sel darah merah saja yang menurun dalam tubuh, tetapi juga terjadi penurunan sel darah putih dan trombosit. Jenis anemia ini merupakan jenis anemia yang paling sering menyebabkan ruam atau anemia rashes.

Anemia aplastik terjadi ketika terjadi masalah dalam sumsum tulang atau akibat riwayat keturunan keluarga.

Ruam yang terjadi akibat anemia ini menyerupai bercak atau bintik merah dan paling sering terjadi di area leher, lengan, dan kaki. Namun, bercak merah ini tidak menyebabkan nyeri atau gatal. Anda dapat mengenali anemia rash dengan cara menekan ruam dan bercak akan tetap berwarna merah.

Selain itu, jumlah trombosit yang menurun cenderung menyebabkan kulit lebih mudah lebam atau berdarah sehingga terlihat seperti ruam.

Anemia defisiensi zat besi

Defisiensi atau kekurangan zat besi dalam tubuh merupakan penyebab utama anemia. Salah satu gejala dari kekurangan zat besi adalah gatal di kulit. Ketika Anda menggaruk kulit, hal ini juga dapat menyebabkan kemerahan dan benjolan yang menyerupai ruam atau anemia rash.

Selain kedua jenis anemia yang telah disebutkan, anemia rash juga mungkin terjadi akibat beberapa kondisi kesehatan yang cukup jarang terjadi, beberapa di antaranya:

  • Thrombotic thrombocytopenic purpura
  • Paroxysmal nocturnal hemoglobinuria
  • Hemolytic uremic syndrome

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...