Mengenal Asam Amino yang Bisa Menaikan Mood

Rusmanto
Rusmanto

Mengenal Asam Amino yang Bisa Menaikan Mood ilustrasi
Winnetnews.com -  Triptofan adalah salah satu asam amino yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi dalam tubuh. Asam amino merupakan bahan utama penyusun protein. Tanpa asam amino yang lengkap, protein yang Anda konsumsi belum sempurna.

Zat yang satu ini tergolong ke dalam asam amino esensial, artinya tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai makanan atau suplemen.

Fungsi triptofan bagi kesehatan

Setelah mendapatkannya dari makanan, tubuh akan mengubah asam amino menjadi molekul sederhana yang disebut 5-hidroksitriptofan (5-HTP).

Molekul ini merupakan bahan baku penting dalam pembuatan serotonin, melatonin, dan vitamin B6.

Serotonin adalah senyawa kimia yang berfungsi mengirimkan sinyal antara sel saraf, mengatur suasana hati, dan memengaruhi perilaku.

Sementara itu, melatonin berperan dalam pengaturan siklus tidur, dan vitamin B6 dibutuhkan berperan dalam pembentukan energi.

Triptofan umumnya digunakan dalam bentuk suplemen atau obat dalam perawatan gangguan psikologis, mengatasi insomnia, serta membantu menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu, fungsi lain dari asam amino ini, antara lain:

  • Meredakan perubahan emosi, ketegangan, dan perasaan mudah marah pada wanita yang mengalami premenstrual dysphoric disorder. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami gejala pramenstruasi dengan intensitas lebih berat.
  • Mengurangi penurunan fungsi mental pada lansia.
  • Meningkatkan performa fisik.
  • Meningkatkan efektivitas pengobatan depresi.
  • Membantu pengobatan seasonal affective disorder, yakni gangguan psikologis yang kerap muncul pada kurun waktu yang sama setiap tahun.
  • Membantu mengatasi sleep apnea. Gangguan ini membuat penderitanya berhenti bernapas sejenak ketika tidur.
  • Membantu pengobatan luka lambung akibat infeksi bakteri H. pylori jika dikonsumsi bersama obat-obatan untuk penyakit lambung.

Meski demikian, fungsi asam amino ini dalam pengobatan berbagai gangguan kesehatan masih perlu dikaji lebih lanjut.

Anda juga tidak disarankan mengonsumsi triptofan dalam bentuk suplemen tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Apa Reaksi Kamu?