Mengenal Berbagai Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi
ilustrasi

Mengenal Berbagai Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi

Rabu, 12 Jun 2019 | 07:19 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu minuman yang disarankan untuk konsumsi setiap hari adalah air putih. Dalam satu hari kita butuh sekitar 6-8 gelas air. Selain air putih yang akan membantu kerja dari organ lainnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi susu

Nah, susu yang akan dikonsumsi ini tidak hanya berasal dari sapi saja. Ada bahan lain seperti kedelai hingga almond yang digunakan sebagai bahan utama.

Jenis susu yang biasanya dikonsumsi

Jenis susu yang biasa dikonsumsi sebenarnya ada banyak meski kita cenderung mengonsumsi susu sapi atau kedelai yang mudah didapatkan. Nah, kira-kira jenis susu apa saja yang bisa dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Susu sapi

Susu sapi adalah salah satu yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis produk. Susu kemasan dengan aneka rasa dibuat dengan susu sapi sudah banyak tersedia di pasaran. Bahkan, susu berjenis whey yang mengandung cukup banyak protein dan BCAA juga mudah didapatkan meski harganya cukup mahal.

Meski susu sapi banyak dikonsumsi oleh masyarakat, susu ini mulai dikurangi konsumsinya oleh beberapa orang. Selain menyebabkan alergi, susu juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Susu sapi mengandung cukup banyak kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan juga gigi agar tidak keropos.

2. Susu almond

Susu almond adalah salah satu minuman nabati yang banyak diproduksi dan dikonsumsi oleh banyak orang di beberapa negara termasuk Amerika dan Australia. Alasan pemilihan susu almond untuk pengganti susu konvensional adalah kandungan kalorinya yang sangat rendah dan kandungan lemak jenuh juga kecil.

Dengan lemak yang rendah, susu ini baik untuk membantu penurunan berat badan. Susu almond cocok untuk mereka yang mengalami intoleransi laktosa baik anak-anak maupun dewasa. Oh ya, meski bermanfaat, susu ini tidak begitu cocok untuk anak-anak karena sering tidak mengandung kalsium dan kadar protein rendah.

3. Susu kedelai

Susu kedelai adalah salah satu jenis susu yang paling banyak dikonsumsi dan berasal dari bahan nabati. Susu ini mengandung protein yang sangat tinggi dan berbagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan dari tubuh. Susu kedelai juga aman dikonsumsi oleh siapa saja khususnya yang alergi dengan susu sapi.

Salah satu hal yang mungkin harus diperhatikan sebelum membuat atau membeli susu kedelai adalah kandungan nutrisi dan siapa produsennya. Kadang susu kedelai menyebabkan alergi pada anak di bawah usia 3 tahun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...