Mengenal Centella Asiatica dan Maanfaatnya untuk Kecantikan Kulit
Foto: Phytexence

Mengenal Centella Asiatica dan Maanfaatnya untuk Kecantikan Kulit

Jumat, 26 Jun 2020 | 15:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Skincare dengan kandungan Cica atau centella asiatica, belakangan ini banyak dicari oleh masyarakat. Centella asiatica adalah sebuah tanaman, cica juga dikenal dengan sebutan daun pegagan.

Kandungan centella asiatica dalam skincare dianggap ampuh untuk kencantikan kulit. Tanaman ini dapat ditemukan di daerah teduh dan lembap, seperti India, Sri Lanka, China, Afrika Selatan, dan Meksiko. Mengutip The Klog, khasiat cica sudah didokumentasikan dalam pengobatan Tiongkok, tak hanya ada dalam kandungan skincare, tanaman ini juga sering digunakan dalam industri makanan dan minuman.

Kandungan antioksidan cica yang tinggi, dapat melindungi neuron dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, centella asiatica juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan membantu mengurangi rasa cemas.

Centella asiatica
Daun pegagan (Centella asiatica). Foto: K-Secret

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 lalu, peneliti menemukan bahwa cica yang dioleskan secara langsung dapat menyembuhkan sayatan dan luka bakar. Tidak hanya memproduksi kolagen, cica juga menghambat peradangan yang menyebabkan jaringan parut.

Sementara itu, ekstrak centella asiatica umumnya tinggi phytochemical yang bermanfaat bagi kulit. Kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan B2, niasin, dan karoten yang berguna untuk mencerahkan kulit dan melawan penuaan dini.

Centella asiatica memiliki senyawa aktif, asam Madecassic, yang memiliki peranan penting untuk menekan peradangan. Jika kulit kita berjerawat dan sering mengalami iritasi, serta kemerahan, disarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan cica. Kandungan tanaman ini di dalam skincare dapat menyamarkan jerawat di wajah kita, serta membuat kulit sensitif jauh lebih tenang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...